Mendengar nama sajian ‘ketoprak’, kamu pasti langsung menduga bahwa makanan tersebut adalah makanan khas daerah Jakarta. Padahal, kalau sajian tersebut dipadukan dengan hidangan bakmi, maka Ia bakal menjelma jadi makanan khas daerah Jawa Tengah! Lho, kok bisa? Oleh sebab itu, yuk cari tahu bersama jawabannya di bawah ini!

Kuahnya Bukan Kuah Kacang tapi Kuah Kaldu

Makanan Khas Daerah - Bakmi Ketoprak via travelingyuk.com

Mie ketoprak merupakan sajian makanan khas daerah yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Solo. Makanan ini hampir sama dengan ketoprak yang berasal dari Jakarta. Hanya saja, mie ketoprak atau toprak di sini menggunakan kuah kaldu sapi. Sedangkan Ketoprak Jakarta menggunakan sambal kacang dan serupa dengan gado-gado.

Selain kuah kaldu sapi, kuliner ini berisikan mie kuning. Kemudian, ada irisan tempe dan tahu goreng, kubis, kacang tanah goreng dan tauge. Untuk tempe dan tahu diiris kotak. Ditambah dengan cabai rawit merah serta jeruk nipis. Sehingga, rasa gurih dan sedikit asam akan tercipta di hidangan ini.

Punya Sejarah yang Cukup Lawas

Selain kuah kaldu, hidangan khas Solo ini juga menarik karena hadirnya daging koyor yang membuat rasanya makin menggiurkan. Koyor atau tetelan tersebut dijadikan bahan penting. Biasanya juga dijadikan sebagai tambahan kuah.

Sedikit sejarah tentang makanan berhubungan erat dengan makanan khas acara-acara besar seperti lebaran. Selain itu, menu ini jadi jamuan di keraton Jawa saat ada pertunjukan ketoprak. Karena itu, namanya dikenal dengan bakmi ketoprak. Sayangnya, hidangan ini kini makin susah untuk dicari.

Harga Bersahabat dengan Rasa Kelezatan yang Hebat

Makanan Khas Daerah - Bakmi Ketoprak via travelingyuk.com

Bakmi Ketoprak menjadi salah satu sajian wajib bagi para abdi keraton dalam menghadapi acara besar atau tamu undangan keraton. Citarasanya selalu dinantikan bagi siapapun yang berkunjung.

Untuk menambah kelezatannya,  biasanya kuliner ini dimakan dengan menggunakan emping atau juga kerupuk. Makin penasaran dengan rasanya? Kamu bisa menikmatinya di Warung Makan Es Masuk. Menu ini tidak disajikan dalam mangkuk, melainkan piring. Unik banget kan?

Makanan khas daerah Solo ini dijual di di daerah Gajahan. Lebih tepatnya berada di Jalan Reksoniten no. 43 B, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini, karena rasa bakmi topraknya. Namun, tidak sedikit yang menjajal kuliner lain yang ditawarkan. Untuk harganya, seporsi bakmi ketoprak hanya dibanderol sekitar Rp9.000. Murah bukan?