Banyuwangi letaknya memang ada di bagian penghujung Pulau Jawa. Namun begitu, hal ini tidak membuat kuliner Banyuwangi tidak mencatatkan namanya dalam daftar makanan khas daerah terbaik di Jawa Timur.

Makanan khas daerah Banyuwangi pun dikenal menyuguhkan rasa yang istimewa nan amat memuaskan lidah. Salah satunya adalah Sego Cawuk Mak Mantih yang sudah ada sejak tahun 1972.

Kuah Pindang yang Super Nendang

Makanan Khas Daerah - Sego Cawuk Mak Mantih via travelingyuk.com

Sego Cawuk adalah salah satu makanan khas daerah Kabupaten Banyuwangi yang cocok dijadikan menu sarapan. Walaupun banyak yang berjualan kuliner ini, tapi Sego Cawuk Mak Mantih (76) yang ada di Dusun Prejengan Desa Rogojampi Kecamatan Rogojampi wajib dicoba. Satu porsinya terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah pindang khas Banyuwangi. Bisa dibayangkan bagaimana lezatnya menu satu ini, kan?

Lauk yang Bervariasi dan Kaya Rasa

Makanan Khas Daerah - Sego Cawuk Mak Mantih via travelingyuk.com

Tak hanya kuah pindang, seporsi sego cawuk ini juga disajikan dengan parutan kelapa muda dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam. Untuk lauknya bisa dipilih, ada telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil, dendang manis. Jika suka pedas, bisa minta ditambah sambal.

Rasanya jangan ditanya lagi. Gurih, segar dan sedikit pedas memenuhi mulut hanya dalam sekali suap. Walaupun terdiri dari banyak jenis bahan makanan di satu piring, namun rasa Sego Cawuk masih ringan dan cocok untuk sarapan. Bagi sebagian orang, mereka menikmati Sego Cawuk Mak Mantih dengan kerupuk kulit.

Berlokasi di Dekat Stasiun Rogojampi

Warung Mak Mantih letaknya tidak jauh dari stasiun Rogojampi Banyuwangi. Cukup berjalan kaki menuju pasar, maka Kamu akan melewati warungnya. Kedai sederhana ini buka sekitar jam 6 pagi dan tutup maksimal pukul 11 siang.

Sehari-hari, Mak Mantih menghabiskan rata-rata 10 kilogram beras dan jumlahnya akan bertambah saat akhir pekan ataupun musim liburan karena pelanggannya berasal dari berbagai kalangan, bahkan dari kota Banyuwangi yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Rogojampi. Semoga, kamu tidak kehabisan makanan khas daerah Banyuwangi ini deh!