Kamu pasti tak menyangka kalau ternyata, ada banyak makanan khas Cirebon dengan bahan hingga nama yang lain daripada yang lain! Lucunya, meski pun nama atau bahan utama kuliner tersebut terbilang unik, tapi masalah rasanya tidak usah dipertanyakan lagi.

Setelah membaca informasi kuliner unik khas Cirebon di bawah, pastikan kamu langsung browsing tentang kuliner di Cirebon dan alamatnya sesuai dengan nama kuliner berikut. Tujuannya sih, biar kamu tak terus-terusan ngiler!

1. Rarawuan

Makanan Khas Cirebon - Rarawuan via instagram.com/titiesz

Pernah mencoba jajanan cireng? Makanan serupa bisa Kamu nikmati di Cirebon, namun dengan cita rasa sedikit berbeda. Dikemas dengan parutan kelapa dan kacang gendolo, makanan unik ini hadir dengan nama Rarawuan.

Rarawuan cocok disantap Kamu yang menyukai makanan bercita rasa gurih. Sensasi nikmat dari parutan kelapa terasa sangat memanjakan lidah begitu masuk mulut. Pas dinikmati bersama kopi atau teh hangat, sebagai teman di kala hari sedang dingin atau hujan.

2. Sate Kentang

Makanan Khas Cirebon - Sate Kentang via instagram.com/hsthesty

Sate umumnya terbuat dari daging ayam atau kambing yang dipotong kecil-kecil. Daging ditusuk menggunakan lidi atau tusukan besi. Agar lebih nikmat, ditambahkan bumbu siram atau oles sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah.

Di Cirebon, Kamu bisa menemukan satu sate khas yang lain daripada yang lain. Alih-alih daging sapi atau ayam, bahan utama makanan khas Cirebon ini adalah kentang. Setelah direbus dan dibentuk bulatan kecil, sate kentang disiram bumbu khusus agar rasanya semakin lezat. Bagaimana Kamu, tertarik mencoba?

3. Kerupuk Melarat

Makanan Khas Cirebon - Kerupuk Melarat via instagram.com/nursyiahrs

Melarat memiliki arti miskin atau tidak mampu. Namun terlepas dari namanya, krupuk khas Cirebon ini punya rasa nikmat lho. Sensasi renyah terasa begitu digigit. Selain itu harganya juga relatif murah, hingga banyak orang kerap membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

Ada banyak cara untuk menikmati makanan khas Cirebon ini. Kamu bisa menyantapnya langsung atau menikmatinya bersama sepiring nasi hangat. Ada pula yang melahapnya dengan saus khusus bercitarasa asam pedas. Jangan sampai lewatkan jajanan ini jika kalian berkunjung ke Cirebon.