Wilayah Cirebon selain punya nama di bidang produksi terasi, Ia juga menjadi rumah bagi kuliner khas yang bernama Nasi Jamblang. Makanan khas Cirebon ini pun menyerupai hidangan nasi campur dengan aneka lauk pilihan yang menggoyang lidah.

Makanan khas Cirebon nasi Jamblang menjadi favorit tak hanya warga asli Cirebon namun juga menjadi pujaan para wisatawan. Nah, mau tahu kisah selengkapnya mengenai sajian ini? Yuk telusuri lebih jauh ulasan mengenai Nasi Jamblang di bawah!

Varian Lauk Tambahan yang Semuanya Enak

Makanan Khas Cirebon - Nasi Jamblang via instagram.com/bandungfoodsociety

Nama dari nasi jemblang sendiri konon berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat kota Cirebon. Memiliki nama yang sama dengan pohon jamblang, hidangan satu ini tidak memiliki keterkaitan apapun.

Saat ini nasi jamblang banyak ditemukan di beberapa tempat. Lauk yang tersedia juga banyak, mulai dari sayur tahu, pepes ayam, ikan pari, ikan asin, daging sapi, lidah sapi, ati ayam, sate usus, terong balado, perkedel, dan lain-lain. Pecinta kuliner dapat menikmati sesuai dengan pilihan.

Punya Ciri Khas Bungkusan Daun Jati

Dalam membungkus nasi, biasanya masyarakat menggunakan daun pisang. Namun satu hal yang berbeda dari Nasi Jamblang adalah menggunakan daun jati. Daun jati dipilih karena memiliki tekstur yang tidak mudah sobek, dan tidak mudah rusak.

Kelebihan lainnya adalah daun memiliki pori-pori yang dapat membantu menjaga keadaan nasi agar tidak mudah basi meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama. Unik banget kan makanan khas Cirebon yang satu ini?

Sejarah yang Menyayat Hati

Makanan Khas Cirebon - Nasi Jamblang via instagram.com/dad_dish

Awal bermula nasi ini ada yaitu pada tahun 1847. Saat ini pemerintah kolonial Belanda sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan dan melewati wilayah Cirebon.Jalan sepanjang 1000 km itu dibangun untuk mempercepat arus perjalanan antar kota di Pulau Jawa. Pada masa itu, ribuan masyarakat Cirebon terlibat dalam pembangunan jalan.

Para pekerja paksa banyak yang tewas akibat kelaparan. Walaupun mereka telah membawa nasi dari rumah, nasi tersebut tidak bisa bertahan lama karena akan basi dalam waktu 10 jam jika didiamkan.

Maka dari itulah, masyarakat menemukan salah satu cara untuk membuat nasi dapat bertahan lebih lama, yaitu dengan daun jati. Hingga kini akhirnya Nasi Jamblang menjelma menjadi makanan khas Cirebon paling ternama.