Biasanya, ketika mendengar nama kuliner empal, kamu seketika terpikir makanan khas Jawa berupa olahan daging manis yang disajikan dalam bentuk pipih nan kenyal. Namun, kalau kamu menyebutkan kuliner empal sebagai makanan khas Cirebon, maka penampilannya akan jauh berbeda.

Walau sama-sama memakai bahan utama daging sapi, empal gentong Cirebon dilengkapi dengan tambahan kuah kuning yang nendang. Lebih jauhnya, mari ikuti ulasan mengenai empal gentong Cirebon berikut ini.

Makanan khas Cirebon yang Melegenda

Makanan Khas Cirebon - Empal Gentong via travelingyuk.com

Salah satu kuliner legendaris Cirebon yang sayang dilewatkan adalah Empal Gentong. Hidangan dari Cirebon ini istimewa dengan kuah kental. Sementara rasanya menyegarkan paduan rasa daun jeruk. Meski makin susah, penggemar menu ini masih banyak. Bahkan, menu tersebut masih jadi primadona di hati pecinta kuliner.

Sekilas, empal gentong mirip dengan gulai. Namun, ada istilah kembar belum tentu sama. Begitu pula dengan dua menu ini. Beberapa orang menyebut rasa empal gentong lebih gurih dibandingkan dengan gulai. Citarasa tersebut berasal dari proses memasaknya yang menggunakan kayu bakar. Pun sederhana, rasanya maknyus banget.

Masih Menggunakan Alat Masak Tradisional

Prosesnya dimulai dengan membakar gentong berisi air dan jatung pohon pinsang di atas tungku. Setelah itu gentong diangkat dan dilumuri getah pisang. Memasak menu satu ini memang susah-susah gampang. Penjual menu ini harus rutin membersihkan gentong agar menghasilkan rasa sempurna ketika digunakan lagi.

Tak banyak yang tahu, jika sebenarnya empal gentong bukan berasal dari racikan asli Cirebon. Menu ini merupakan perpaduan antara Cirebon dengan tempat asalnya, yaitu Timur Tengah.

Sementara namanya tersebut berasal dari cara memasak orang-orang terdahulu yang menggunakan kendi atau gentong. Hal ini karena belum ada panci atau alat memasak sejenisnya. Nah, penampahan empal sendiri karena menu tersebut dimasak dalam gentong. Menarik banget kan?

Alamat Resto Empal Gentong Termaknyus

Makanan Khas Cirebon - Empal Gentong via travelingyuk.com

Untuk bisa menemukan menu enak ini sangatlah mudah. Hampir setiap sudut kota menyediakan menu ini. Salah satu yang bisa Kamu kunjungi adalah Empal Gentong Krucuk. Letak tempat makan ini berada di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Kesengsem, Kejaksaan, Cirebon. Rasanya yahud, apalagi kuah sedapnya. Kamu pasti bakalan ketagihan setelah mencobanya makanan khas Cirebon satu ini!