Tak sedikit orang yang meremehkan panganan merakyat seperti kupat tahu petis. Bahkan meski cita rasanya begitu melekat di lidah dan hati banyak orang. Kamu pun tidak boleh buru-buru skeptis dengan kupat tahu petis sebelum mencoba makan di kupat tahu petis Pak Haji. Makanan khas Bandung ini adalah kuliner Bandung legendaris yang haram banget buat kamu lewatkan.

Hampir 100 Tahun Berdiri

Makanan Khas Bandung - Kupat Tahu Petis Pak Haji via instagram.com/lets.go.eat

Bukan satu ataupun dua tahun berdiri, Kupat Tahu Petis Pak Haji ini sudah ada sejak tahun 1921. Kelezatannya meramaikan dunia kuliner Bandung sudah selama 98 tahun lamanya. Pendirinya adalah Haji Ali Sahali.

Sampai sekarang, sudah tiga generasi yang menjalankan usaha kuliner ini. Salah satu rahasia kelanggengan bisnis kuliner ini adalah tetap mempertahankan rasa bumbu-bumbunya, sehingga orang-orang datang kembali untuk menikmati kelezatannya.

Tempat makan di Bandung ini menawarkan dua menu saja. Yakni Kupat Tahu Sayur dan Kupat Tahu Petis. Kupat Tahu Petis akan ada kombinasi tahu kuning goreng, taoge, potongan ketupat, remukan kerupuk berwana kuning dan tak ketinggalan ada kuah petis. Uniknya, kuah petis ini tak memiliki campuran kacang di dalamnya. Encer, namun memiliki rasa yang tak kalah nikmatnya.

Menu makanan khas Bandung ini tidak berbeda pada kuahnya saja. Menu ini menggunakan kuah yang menyerupai kaldu berwarna kekuningan. Cita rasa enak yang bikin nafsu makan jadi meningkat. Satu hal lagi, tingkat kepedasan makanan di sini bisa disesuaikan ya Kamu, jangan khawatir.

Siap-Siap Berdesakan

Makanan Khas Bandung - Kupat Tahu Petis Pak Haji via instagram.com/bandoengfood

Kupat Tahu Petis dan Sayur Pak Haji berlokasi di Jl. Halimun No. 2, Burangrang, Lengkong, Bandung. Tempatnya sederhana, di dalamnya kamu akan menjumpai gerobak ukuran besar dengan balutan seng aluminium. Dan di gerobak itulah penjual meletakkan beragam bahan untuk membuat kupat tahu yang nikmat.

Tempat duduknya juga tidak terlalu banyak. Ruangannya kira-kira muat sampai 20 orang saja. Meskipun sederhana dan ala kadarnya, Kupat Tahu Petis dan Sayur Pak Haji ini masih bisa eksis di tengah-tengah kedatangan makanan kekinian. Bahkan, meskipun berdesak-desakan, tempat makan makanan khas Bandung ini selalu ramai dengan pengunjung yang datang.