Makanan khas Bali mana saja yang sudah akrab di telinga kamu? Apakah cuma Sate Lilit dan Ayam Betutu? Wah, sempitnya wawasan kuliner seperti ini nih yang ujung-ujungnya bakal bikin malu. Sekedar informasi, pada dasarnya kuliner khas Pulau Dewata itu ada banyak sekali ragamnya lho. Biar pengetahuan kuliner kamu jadi lebih luas, simak daftar kuliner tradisional Bali paling top berikut.

1. Rujak Kuah Pindang

Makanan Khas Bali - Rujak Kuah Pindang via travelingyuk.com

Rujak Kuah Pindang merupakan varian rujak buah yang hanya bisa ditemui di Bali. Alih-alih disiram dengan bumbu gula merah yang kental, Rujak Kuah Pindang memiliki kuah kaldu ikan yang encer. Citarasa kuah ini sedikit amis dan cenderung tajam. Tapi kalau kamu doyan, Ia bakal terasa amat nikmat. Buah yang digunakan kurang lebih sama seperti buah pada rujak buah. Hanya saja, buah akan dipotong tipis-tipis agar kuah rujak lebih meresap pada daging buah.

2. Rujak Bulung

Makanan Khas Bali - Rujak Bulung via travelingyuk.com

Makanan khas Bali berikut ini unik banget, lho. Pasalnya, yang dipakai sebagai bahan dasar makanannya adalah rumput laut. Jika biasanya rumput laut diolah menjadi agar-agar atau campuran es buah, maka di Bali Ia disulap menjadi sebuah hidangan rujak.

Inilah kenapa sajian ini disebut dengan julukan Rujak Bulung yang mana berarti adalah rujak rumput laut. Namun, rumput laut yang digunakan pun tak boleh sembarangan. Hanya rumput laut jenis Boni saja yang selalu digunakan untuk meracik menu kuliner kaya serat ini.

3. Serombotan

Makanan Khas Bali - Serombotan via travelingyuk.com

Kamu pecinta hidangan urap-urap khas dari Jawa? Maka besar kemungkinan bahwa kamu bakal menyukai kuliner khas Bali satu ini. Serombotan merupakan campuran sayur-sayuran yang sudah direbus dengan taburan parutan kelapa dan bumbu pedas. Serombotan pun punya citarasa yang lebih segar dan asam karena dilengkapi pula dengan perasan air jeruk limau di atasnya. Unik juga ya?

4. Tipat Cantok

Makanan Khas Bali - Tipat Cantok via travelingyuk.com

Nama Tipat Cantok diambil dari Bahasa Bali, tepatnya dari kata Tipat yang bermakna ketupat dan Cantok yang bermakna dihaluskan. Maka dari itu, Tipat Cantok adalah sajian khas bali yang berisi ketupat, tauge, kangkung, dan kacang panjang yang disiram dengan bumbu kacang. Beberapa warung Tipat cantok bahkan ada yang menawarkan tambahan lauk seperti telur rebus yang menambah rasa gurih dari makanan tersebut.

Wah, ternyata makanan khas Bali yang tradisional tak hanya Ayam Betutu atau Sate Lilit saja. masih banyak kok kuliner tradisional Bali yang unik dan patut dicoba. Semoga dengan begini, wawasan kuliner kamu tentang kuliner Bali jadi semakin bertambah ya!