Di Tabanan, kamu tak cuma bisa menikmati wisata alam dan religi seperti ke Tanah Lot, Danau Bratan, dan Pura Luhur Batukaru saja. Nyatanya, kamu juga bisa berwisata kuliner dengan menjumpai aneka makanan khas Bali di sana. Mulai minuman, makanan berat, hingga makanan penutup khas Bali, semuanya pun lengkap tersedia. Yuk, catat alamat ketiga spot kuliner di Tabanan berikut sebagai destinasi wisata kuliner kamu selanjutnya!  

1. Warung Asri Jambe

Makanan Khas Bali - Nasi Lawar via instagram.com/balinesefoodie

Makanan khas Bali ala Tabanan yang pertama ada di Warung Asri Jambe. Warung Asri jambe berlokasi di Jalan Jalak Putih No. 1. Ia buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00. Di sini, menu andalan alias menu favoritnya adalah Nasi Lawar.

Nasi Lawar merupakan hidangan nasi dengan lauk komplit seperti daging babi cincang, daging suwir, sate lilit, tum, dan kuah kaldu. Tapi bagi kamu yang ingin menyantap Nasi Lawar Halal, kamu bisa memesan menu Nasi Lawar ayam.  Pokoknya, jangan lewatkan kesempatan untuk memanjakan lidah kamu lewat sajian kuliner tradisional Tabanan ini.

2. Kopi Susu M Aboe Talib

Makanan Khas Bali - Kopi Susu M Aboe Talib via instagram.com/ronykabilly17

Akses menuju warung kopi ini gampang banget karena Ia terletak di bangunan ruko Kota Tua di Jalan Gajah Mada No. 53, Tabanan, Bali. Para penggemar setia minuman kopi wajib hukumnya untuk datang kemari. Nikmatnya kopi susu dengan resep racikan khusus membuat kedai ini tak pernah sepi pelanggan.

Kendati sudah buka sejak tahun 1940, pelanggan warung kopi ini juga banyak yang datang dari kaum muda-mudi lho. Dan saking ramainya, Kopi Susu M Aboe Talib ini sampai membuka cabang keduanya tahun lalu di Jalan Teuku Umar Barat No. 19.

3. Laklak Biu Men Bayu

Makanan Khas Bali - Laklak Biu Men Bayu via instagram.com/balinesefoodie

Nah, kuliner satu ini adalah makanan penutup khas Tabanan tepatnya dari daerah Penebel. Laklak Biu terbuat dari campuran kelapa parut, pisang, dan tiga macam tepung. Tepung-tepung tersebut adalah tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu.  Nantinya, adonan tersebut bakal dituangkan tipis-tipis ke lempengan yang menumpang di atas tungku api kayu bakar. Perkara rasanya, Laklak Biu memiliki citarasa yang manis gurih dengan tekstur mirip serabi.

Ingin segera mencicipi kuliner tradisional asli Tabanan ini? Langsung agendakan tanggal untuk berkunjung ke Jalan Raya Babahan Sengaan No. 13, Penebel, Tabanan. Jangan lupa untuk datang ke sini antara pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam ya.  

Itulah deretan makanan khas Bali yang jadi primadona di kawasan Tabanan. Mampir ke Tabanan, kamu harus luangkan waktu untuk mengunjungi ketiga tempat di atas satu-persatu. Kalau tidak, kamu bakal menyesal di kemudian hari, lho!