Kawasan Gianyar adalah kawasan Kabupaten di Pulau Dewata yang kerap dipilih jadi destinasi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Namun, sudah tahukah kamu kalau Gianyar terdapat barisan makanan khas Bali yang bakal membuat perut awet kenyang? Yap, Gianyar faktanya banyak menawarkan kuliner nasi enak yang bakal membuat kamu kalap makan. Alhasil, lupakan sejenak dietmu dan fokuskan diri untuk menyantap ketiga menu kuliner ini.

1. Nasi Tepeng

Makanan Khas Bali - Nasi Tepeng via instagram.com/horisonseminyak

Meski disebut sebagai sajian nasi, nyatanya Nasi Tepeng justru punya tekstur yang mirip seperti bubur. Lauk yang melengkapinya pun terdiri dari nangka muda, terong, kacang merah, daun kelor, kacang panjang, dan kelapa parut. Penyajiannya ditaruh di atas daun pisang.

Citarasa nasinya terkenal pedas gurih nan kaya rempah. Sayangnya, sudah tidak banyak penjual Nasi Tepeng yang tersisa di Gianyar. Oleh sebab itu, kamu wajib pantang keluar Gianyar sebelum menemukan kuliner langka ini ya!

2. Nasi Campur Bali

Makanan Khas Bali - Nasi Campur Bali via instagram.com/nina_epicure

Makanan khas Bali berikut pastinya ada di nyaris seluruh penjuru Pulau Dewata, ya. Akan tetapi, di wilayah Ubud, kamu bakal berhadapan dengan salah satu nasi campur Bali terenak yang pernah ada di muka bumi. Nasi Campur Bali tersebut merupakan menu andalan dari Warung Teges. Kamu pun bisa meminta nasi campur yang diberi atau tanpa potongan daging babi. Jangan lupa untuk minta tambah pelengkap sambal khasnya yang disertai dengan daun kecicang.

3. Nasi Tahu

Makanan Khas Bali - Nasi Tahu via instagram.com/deliciousbali

Nasi Tahu seperti sebutannya terdiri atas hidangan nasi, sayur urap kacang, tahu goreng, kerupuk tahu, dan sambal terasi. Demi melahap kuliner ini, kamu wajib mencarinya di Pasar Seni Sukowati. Lebih tepatnya, Ia ada di area sebelah barat pasar. Walau sederhana, Nasi Tahu akan membuat napsu makan kamu semakin bertambah. Karena ternyata, kunci dari hidangan ini terletak di pelengkap sambal terasinya yang membuat lidah terbakar sekaligus terus bergoyang.

Demikianlah daftar makanan khas Bali yang bisa kamu jajal dan nikmati di Gianyar. Memang sih, kamu jadi gagal diet karenanya. Tapi perlahan, kamu akan tersadar bahwa pengorbanan tersebut adalah pengorbanan yang layak. Sebab, kapan lagi kamu bisa menemui ketiga kuliner di atas selain di Gianyar saja, bukan?