Lontong kikil adalah salah satu menu khas kuliner Surabaya. Bagi kamu pecinta kuliner olahan kikil, pasti tak puas menyantap hanya satu mangkok saja. Ciri khas dari kuliner satu ini adalah adanya potongan lontong yang mengenyangkan beserta potongan kikil empuk yang diguyur kuah gurih rempah kuning.  Nah, berkunjung ke Surabaya, kamu tak boleh melewatkan deretan warung lontong kikil berikut. Ada yang bahkan sudah berdiri sejak tahun 1950an lho. Yuk simak selengkapnya!

1. Lontong Kikil Asenna Sepanjang

Kuliner Surabaya - Lontong Kikil Asenna Sepanjang via instagram.com/e_ndro

Yang membuat Lontong Kikil Asenna Sepanjang berbeda dari yang lain adalah kuahnya yang ringan dan segar. Bahkan, bagi kamu yang tidak suka kikil karena baunya, kemungkinan kamu bakal tetap bisa menikmati hidangan ini. Selain kikil, kamu juga bakal menjumpai campuran bagian sapi yang lain seperti urat dan otot yang dimasak hingga lembut. Penasaran seperti apa kelezatannya? Ayo mampir ke Jalan Baratajaya tepatnya di depan showroom Asenna.  

2. Lontong Kikil Sapi Ria Cak Ratno

Kuliner Surabaya - Lontong Kikil Sapi Ria Cak Ratno via instagram.com/surabayafoodies

Ini nih lontong kikil yang jadi kuliner Surabaya dengan nilai legenda tinggi. Pasalnya, lontong kikil ini sudah ada sejak tahun 1950an. Letak awal dari lontong kikil ini berada di kawasan Bioskop Ria. Oleh sebab itu Ia mempunyai nama yang demikian. Tapi kini Lontong Kikil Sapi Ria Cak Ratno sudah pindah ke Jalan Embong Blimbing. Urusan rasa, silahkan kamu buktikan sendiri kenikmatannya!

3. Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha

Kuliner Surabaya - Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha via instagram.com/surabayafoodies

Kamu suka kalau olahan lontong kikil yang kamu santap dipotong tebal-tebal? Maka, Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha adalah jodoh bagi kamu nih. Di sini, kikil yang disajikan memang dipotong besar-besar tapi tetap empuk dan lembut. Sudah begitu, lontongnya pulen dan kuahnya gurih. Apalagi kalau ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Ingin kuah yang lebih pedas? Tinggal tambahkan saja beberapa sendok sambal sesuai selera.

Lontong Kikil Asli Margorejo Pak Toha buka mulai pukul 16.30 sore hingga pukul 22.00 malam. Letak berjualannya di samping Plaza Marina dan buka setiap hari kecuali hari Kamis. Untuk harga semangkok Lontong Kikil Margorejo ala Pak Toha, kamu cuma harus mengeluarkan uang Rp15.000,- saja kok. Cihuy! Murah banget!

Itu tadi daftar warung lontong kikil di Surabaya dengan citarasa yang juara. Dengan begini, jangan lupa untuk memasukkan ketiga warung tersebut ke daftar destinasi kuliner Surabaya kamu berikutnya ya!