Apa yang kamu bayangkan jika membicarakan Kuliner Bandung? Tentu terlintas segala macam makanan seperti karedok hingga batagor ya? Memang benar, Bandung yang terkenal sebagai kota kuliner ini menyimpan sejumlah makanan tradisional yang selalu bikin kangen. Beberapa kawasan pun memiliki hidangan khasnya sendiri seperti halnya makanan khas Sunda dan Cibadak. Jika kamu pergi ke Bandung, berikut kuliner khas yang pantang untuk dilewatkan.

1.    Bakakak Ayam

Kuliner Bandung - Bakakak Ayam via instagram.com/witri_pipit

Makanan khas Bandung pertama adalah Bakakak Ayam. Ayam Bekakak ini dihidangkan dengan ccara diungkep terlebih dahulu dengan berbagai bumbu seperti santan dan rempah-rempah. Ayam yang dipakai pun ayam utuh yang sebelumnya dibersihkan jeroannya terlebih dahulu.

Ayam tersebut kemudian di lumuri bumbu laludibakar di atas bara api. Terbayang kan bagaimana lezatnya Ayam Bekakak ini? Apalagi jika disantap dengan sambal bawang yang gurih dan pedas. Saking lezatnya, Ayam Bekakak ini juga masih menjadi salah satu hidangan perayaan adat lho.

2.    Ulukutek Leunca

Kuliner Bandung - Ulukutek Leunca via instagram.com/silfiapratiwi

Leunca merupakan tanaman terong hijau atau bisa disebut terong ranti. Bentuk terong ini berukuran kecil-kecil dan memiliki rasa yang pahit dan langu. Namun Leunca ini apabila sudah dimasak akan menjadi makanan yang enak sekali.

Hidangan ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. Selain karena rasanya yang lezat,  Ulukutek Leunca juga memiliki khasiat sebagai obat bagi penderita hipertensi atau jantung. Masakan ini sekarang termasuk langka karena sudah berkurang peminatnya. Oleh karena itu, yuk tetap lestarikan kuliner Bandung yang satu ini!

3.    Soto Pak Simon

Kuliner Bandung - Soto Pak Simon via instagram.com/lets.go.eat

Bagi warga Bandung khususnya daerah Cibadak, pasti sudah mengetahui soto yang satu ini. Walau hanya menyajikan semangkuk soto, warungnya ini tidak pernah sepi pengunjung. Yang membuat soto ini spesial adalah isinya yang komplit mulai dari potongan daging yang melimpah, daun bawang, lobak, seledri dan kuah soto yang nikmat.

Jika kamu ingin datang dan menikmati soto pak simon maka sebaiknya datang di malam hari karena warungnya buka mulai jam 18.00 sampai tengah malam. Jangan sampai kehabisan ya!

Nah, deretan kuliner Bandung di atas wajib di coba jika berkunjung ke tanah Pasundan. Jangan ragu untuk ajak keluarga atau sahabat makan bersama sembari menikmati keindahan Kota Bandung yang sejuk. Apalagi kalau sambil bersantap deretan menu tradisional legendaris di atas.