Surabaya merupakan salah satukota terbesar yang ada di Jawa Timur. Maka tidak heran kalau Kuliner Surabaya diwarnai oleh jajaran makanan tradisional hingga modern. Beberapa bahkan terbilang unik karenahanya ada di kota tersebut. Jika kamu hendak berwisata ke Surabaya, jangan sampai kelupaan mampir ke tempat-tempat kuliner unik berikut ketimbang menyesal!

1.    Roti Maryam Kuah Gulai

Kuliner Surabaya - Roti Maryam Kuah Gulai via instagram.com/cecekuliner

Kebanyakan orang sudah terbiasa menyantap kuah gulai menggunakan nasi. Lalu, bagaimana rasanya jika dipadukan dengan roti maryam? Roti maryam merupakan makanan khas India yang sering dimakan dengan kare. Mungkin melihat itulah, kemudian terbesit ide untuk mencoba memakan kuah gulai dengan roti maryam

Rasanya mengejutkan, ternyata rasa enak dan gurih dari kuah gulai sangat cocok dengan rasa dari roti maryam. Gulai-gulai yang disediakan pun bermacam-macam ada gulai kacang hijau,  gulai kambing dan gulai tulang sumsum.

2.    Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Surabaya - Sate Klopo Ondomohen via instagram.com/jajanansimupeng

Apa arti kuliner Surabaya tanpa kehadiran menu sate. Sate termasuk makanan khas Surabaya dengan cita rasa yang khas pula. Tak terkecuali dengan Sate Klopo Ondomohen ini. Sesuai dengan namanya, sate yang sudah berumur setengah abad ini disajikan menggunakan kelapa.

Jika sate biasa umumnya langsungdibakar,maka Sate Klopo Ondomohen ini ditaburi kelapa parut terlebih dahulu baru dibakar. Sentuhankelapa membuat rasa daging sapi atau ayam menjadi jauh lebih gurih. Disajikan dengan saus kacang atau saus kecap, sajiansate ini menjadisemakin sedap untuk disantap.

3.    Rujak Sayur Asin

Kuliner Surabaya - Rujak Sayur Asin via instagram.com/surabayafoodies

Rujak Sayur Asin merupakan perkawinan kuliner antara budaya Tionghoa dan budaya Jawa. Jika biasanya rujak berisi buah-buahan atau diberi campuran cingur alias hidung sapi, rujak sayur asin justru berisi campuran sayur asin. Namun tetap pada akhirnya rujak akan disiram dengan kuah kacang yang mengandung petis udang atau petis dendeng sapi.

Itu tadi kuliner Surabaya wajib kunjung ketika kamu mendaratkan kaki di kawasan para Bonek ini. Alhasil, kamu tak akan terjebak dengan menu kuliner Surabaya yang itu-itu saja. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Surabaya dan segera mencobanya?