Menelisik jejak asal-usul kuliner nasi babat, sebenarnya Ia datang dari tanah Madura. Namun lambat laun, kuliner satu ini akhirnya juga menjelma menjadi kuliner Surabaya. Alasannya sederhana saja, yakni karena ada banyak sekali penjaja makanan ini di Kota Pahlawan.

Kendati persaingan penjualannya terbilang lumayan, kiranya ada satu warung nasi babat yang tak pernah sepi pengunjung dari tahun ke tahun nih. Namanya adalah Nasi Babat Gosyen. Memangnya, apa ya yang menjadi rahasia sehingga Ia bisa tetap eksis hingga sekarang?

Porsi Melimpah

Kuliner Surabaya - Nasi Babat Gosyen via instagram.com/amazingindonesiafood

Kuliner Surabaya kadang terkenal mempunyai porsi yang jumbo. Maka hal ini juga berlaku pada Nasi Babat Gosyen yang berlokasi di Jalan Dukuh Kupang Barat No. 25 ini. Makan sepiring saja, kamu pasti dijamin kenyang karena lauk babatnya besar-besar dan berlimpah. Sudah begitu, teskturnya tidak alot alias empuk ketika dikunyah.

Biar semakin gurih, di atas nasi babat pun ditaburi dengan tambahan serundeng yang khas. Kamu juga dapat meminta beberapa sendok sambal untuk menambah sensasi pedas di lidah. Hm, membayangkannya saja otomatis langsung bikin kelaparan ya?  

Pilihan Lauknya Bermacam-Macam

Rasanya masih belum cukup kalau kamu cuma menyantap sepiring nasi babat tanpa lauk tambahan. Pasalnya, citarasa nasi babat akan semakin nendang kalau diberi lauk tambahan seperti limpa, paru, usus, hingga empal.

Semua lauk ini pun sudah dimasak sedemikian rupa sehingga sama empuknya seperti si potongan babat. Bumbu legitnya juga dipastikan sudah merasuk ke inti rasa dari lauk-lauk tambahan ini.  Baru setelah itu, lauk-lauk ini digoreng sehingga menghasilkan tekstur luaran yang renyah di mulut. Dengan begini, kamu setuju kan kalau kombinasi nasi babat dan lauknya ini pantas disebut sebagai kenikmatan kuliner yang hakiki?

Harga yang Ramah di Kantong

Kuliner Surabaya - Nasi Babat Gosyen via instagram.com/amazingindonesiafood

Nasi Babat Gosyen mendapatkan nama tersebut karena Ia dijajakan di depan halaman sekolah Gosyen. Ini juga yang membuat Nasi Babat Gosyen tampil dengan harga murah meriah. Seporsi nasi babat porsi yang lega tersebut hanya dipatok Rp15.000,- saja per piringnya. Sedangkan untuk lauk tambahannya, per potong dijual seharga Rp1.000,- hingga Rp5.000,-. Makan olahan jerohan sampai kenyang dengan harga yang terjangkau ya cuma ada di sini nih, guys.

Nah, kendati kuliner Surabaya satu ini memang tak cukup kalau cuma sepiring, tapi batasi jumlah santapan nasi babat kamu ya. Sebab, hidangan nasi babat menyimpan kadar kolesterol yang tinggi untuk tubuh. Pokoknya, imbangi dengan banyak minum air putih dan olahraga setelah melahap si Nasi Babat Gosyen ini, oke?