Surabaya adalah kota yang menawarkan sejuta pesona. Termasuk dari segi wisata kulinernya yang selalu juara. Beberapa kuliner Surabaya dengan rasa terbaik bahkan bisa kamu temukan di gerobak-gerobak makanan pinggir jalan. Seperti halnya dengan ketiga kuliner maknyus berikut ini. Mau nasi goreng sampai sate, semuanya pun ada. Biar tak semakin penasaran, ayo selidiki daftarnya di bawah.

1. Nasi Goreng Cumi Pak Gatot

Kuliner Surabaya - Nasi Goreng Cumi Pak Gatot via travelingyuk.com

Akhir-akhir ini, hidangan cumi menjadi sajian kuliner yang banyak dilirik. Sebut saja sate cumi pedas yang mendadak menjadi sebuah panganan kekinian. Tapi, sate cumi pedas biasanya dibanderol dengan harga yang mahal. Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, mending kamu coba Nasi Goreng Cumi Pak Gatot. Letaknya pun dekat dengan Kampus Ubaya, yakni di kawasan Jalan Rungkur Mejoyo Utara I Blok A1-20. Hati-hati kalau kemari jangan datang terlalu malam biar tidak kehabisan!

2. Kikil Sapi Pak To

Kuliner Surabaya - Kikil Sapi Pak To via travelingyuk.com

Kuliner kikil memang salah satu kuliner Surabaya yang paling andalan. Seperti halnya dengan Kikil Sapi Pak To yang berlokasi di area Bratang Gede, Surabaya ini. Pak To pun sudah menjajakan kikil sapi selama 35 tahun dan masih menggunakan gerobak sebagai tempat berjualannya.

Kendati sederhana, Kikil Sapi Pak To punya senjata citarasa kuah yang gurih, kental dan sarat akan campuran rempah rahasia. Sehingga, sajian kikil ala Pak To selalu mampu memikat lidah para pelanggan setianya.

Sekedar informasi, pelanggan Kikil Sapi Pak To tak hanya datang dari masyarakat sekitar lho. Kabarnya, sering juga terlihat para pelanggan dengan kendaraan mobil bertandang kemari. Wah, ini membuktikan kalau Kikil Sapi Pak To adalah kuliner kaki lima dengan rasa yang bintang lima ya!

3. Sate Pak Marhatib

Kuliner Surabaya - Sate Pak Marhatib via travelingyuk.com

Seperti Kikil Sapi Pak To, Sate Pak Marhatib juga konsisten dijual di gerobak . Padahal, usia kuliner ini sudah menginjak sekitar 22 tahun. Namun begitu, hal ini tak menjadi masalah bagi para pecinta kuliner sate di Surabaya.

Mereka pun tetap memburu sajian Sate Pak Marhatib yang berlokasi di Jalan Bendul Merisi No. 117, Wonokromo, Surabaya. Yang menjadi alasan adalah karena racikan bumbu Sate Pak Marhatib memang tiada duanya. Tak percaya? Coba deh kamu buktikan sendiri ke sana!

Nah, dengan begini sekarang kamu tahu kalau kuliner enak tak selalu datang dari restoran yang mewah. Justru, kerap kali kuliner yang lazis itu datang dari makanan gerobak kaki lima, sama seperti deretan kuliner Surabaya di atas.