Kamu pernah dengar minuman yang bernama Es Coklat? Wah, rasanya jarang-jarang ya nama minuman yang satu ini mencuat. Padahal, kabarnya minuman ini masuk ke daftar kuliner Surabaya paling legendaris. Apalagi yang dijual di warung Es Coklat Tambah Umur.

Sekali meneguk minuman ini, tenggorokan akan langsung kembali segar. Lidahmu pun akan merasakan citarasa coklat yang klasik dan bikin nostalgia. Pokoknya, waktu Surabaya sedang panas-panasnya, kamu wajib banget deh menyeruput minuman yang satu ini. Selain itu, masih ada nih fakta-fakta menarik mengenai Es Coklat Tambah Umur ini. Tanpa panjang lebar lagi, yuk cari tahu uraiannya di bawah ini.

Sudah Berusia Lebih dari 60 Tahun

Kuliner Surabaya - Es Coklat Tambah Umur via instagram.com/sinyokuliner

Es Coklat Tambah Umur sudah berdiri sejak tahun 1950. Dulu, penjualnya menjajakan es coklat ini di gerobak. Sehingga, metode berjualannya pun lewat cara berjualan keliling. Namun, semenjak tahun 2006, penjual asli dari Es Coklat Tambah Umur ini meninggal dunia. Sehingga, pada akhirnya usaha ini dipegang oleh anak sang penjual es.

Menu Es Coklat dan Roti Sobek yang Saling Melengkapi

Kuliner Surabaya ini cara penyajiannya adalah dengan ditaruh di dalam gelas cangkir stainless steel. Alhasil, suhu dingin es akan bertahan lebih lama. Sedangkan untuk menu pelengkapnya, disediakan menu Roti Sobek yang pas jika dicelupkan ke dalam es. Dahulu, di Es Coklat Tambah Umur ini cuma tersedia dua menu ini saja, yakni Es Coklat dan Roti Sobek. Namun kini, sang penjual juga menambahkan menu lain seperti aneka gorengan.

Tetap Berjualan di Tenda Sederhana

Kuliner Surabaya - Es Coklat Tambah Umur via instagram.com/ericktristanto

Walau sudah banyak dikenal dan sampai menghabiskan dua tong sedang setiap harinya, Es Coklat Tambah Umur tetap memutuskan untuk berjualan di tenda. Sang penjual pun sampai saat ini belum berencana untuk membuka cabang. Jadi ingat-ingat ya, alamat Es Coklat Tambah Umur yang asli hanya ada di Jalan Simokerto No. 49, Surabaya.

Demikianlah uraian tentang Es Coklat Tambah Umur khas kuliner Surabaya. Kendati punya harga yang ramah di kantong, rasa Es Coklat ini tetap tak bisa bohong. Makanya, kalau mampir ke Kota Pahlawan, selalu sempatkan untuk berkunjung ke sini ya!