Kalau berbicara tentang Solo, mungkin kamu akan teringat Presiden Joko Widodo, ya, karena kota ini adalah kampung halaman beliau. Kota tempat spirit of Java ini rupanya juga memiliki kuliner Solo yang khas dengan rasa lezat, seperti bakmi ketoprak. Sajian yang termasuk dalam kuliner Solo 2018 terpopuler ini sayang banget kalau kamu lewatkan. Yuk, intip keunikan bakmi ketoprak.

Kelezatan Istimewa Bakmi dengan Kuah Kaldu

Kuliner Solo - Bakmi Ketoprak via travelingyuk.com

Pada dasarnya, sajian ini tidak jauh beda dengan ketoprak asal Jakarta. Namun, yang membedakannya adalah mie ketoprak Solo menggunakan kuah dari kaldu sapi. Sementara, ketoprak Jakarta mirip dengan gado-gado karena menggunakan sambal kacang.

Untuk mienya sendiri menggunakan mie kuning. Penyajiannya lengkap dengan irisan tahu dan tempe goreng, kubis, tauge, dan kacang tanah goreng. Sementara, tahu dan tempenya diiris kotak, lalu diberi cabai rawit merah dengan jeruk nipis. Sajian ini memiliki cita rasa gurih bercampur asam yang pas.

Ada Sejarah di Balik Bakmi Ketoprak Khas Solo

Kuliner Solo yang khas ini lebih menarik, berkat adanya daging koyor atau tetelan dengan rasa memanjakan lidah. Sajian ini punya sedikit sejarah, yaitu sering dihidangkan untuk acara besar seperti jamuan keraton ketika digelar pertunjukan ketoprak. Dari sinilah namanya berasal. Namun, kini bakmi ketoprak sudah makin langka.

Padahal, cita rasanya sangat enak dan juga khas. Sajian bakmi ketoprak ini biasanya lengkap dengan kerupuk atau emping sebagai pendampingnya. Kamu bisa mampir ke Warung Makan Es Masuk jika ingin menikmati bakmi ketoprak. Uniknya, hidangan berkuah ini tidak disajkan di mangkok, melainkan di piring, lho.

Rasa Memuaskan dengan Harga Murah Meriah

Kuliner Solo - Bakmi Ketoprak via travelingyuk.com

Kamu bisa menikmati bakmi ketoprak ini dengan harga yang sangat terjangkau. Satu porsinya diberi harga sekitar Rp9.000,00. Sementara, tempat kuliner Es Masuk yang menyajikannya berada di daerah Gajahan. Alamat lengkapnya adalah Jalan Reksoniten No. 43 B, Gajahan, Pasar Kliwon, di Solo.

Kamu pun dapat mencicipi hidangan menu lainnya yang disediakan di sini. Seru, ya? Itulah mengapa jika kamu berwisata ke Solo, sempatkan mampir ke tempat kuliner yang satu ini. Kuliner Solo ini dijamin bakal memuaskan kamu, deh.