Kala cuaca siang hari yang panas membara menerpa di Semarang, kamu tetap harus semangat. Apalagi kalau kamu adalah seorang wisatawan yang mempunyai misi menjelajah Kota Semarang di waktu liburan.

Untuk mendongkrak spirit liburanmu di tengah cuaca siang membakar kota Semarang, coba jajal deretan minuman dan jajanan di kuliner Semarang ini. Dijamin, setelah menyeruput dan mencomot kuliner Semarang siang berikut ini, kamu bakal pantang menyerah pada suhu udara siang yang gerah!

1. Es Campur atau Es Cendol

Kuliner Semarang - Es Campur via instagram.com/semarangfoodhunter

Semarang adalah kawasan yang cukup panas, tepat sekali kalau menghalau panas dengan menyantap es campur. Di berbagai area wilayah Semarang terdapat kedai Aneka Es, menyediakan es campur dan es cincau atau cao, berisi potongan buah-buahan dan cincau.

Sirup dan manisan yang disajikan dalam es ini merupakan buatan sendiri. Sehingga lebih terasa enak dengan manis yang pas. Satu porsi es campur dan cincau dibanderol dengan harga Rp20 ribuan.

2. Wedang Tahu

Kuliner Semarang - Wedang Tahu via instagram.com/garvingoei

Kalau sedang berada di kawasan Gang Lombok, Kamu akan menemui bapak penjual wedang tahu atau disebut juga kembang tahu. Tidak berdiam di suatu kedai, penjual ini menjajakan wedang tahu dengan memikul dagangannya.

Kuliner Semarang ala Kembang tahu terbuat dari susu kedelai, air garam, dan bubuk agar-agar. Disajikan dalam mangkok, disiram dengan kuah jahe bercitarasa manis. Satu porsi wedang jahe yang bisa menghangatkan tubuh ini dihargai Rp7500 saja. Kamu bisa menemui bapak penjual wedang jahe di depan kedai Lumpia Gang Lombok setiap hari dari jam 12.30 hingga pukul 16.30.

3. Lumpia Semarang

Kuliner Semarang - Lumpia Semarang via instagram.com/gilamakanjogja

Bertandang ke Semarang, kurang lengkap rasanya kalau belum mampir menjajal lumpianya. Salah satu lumpia legendaris dan selalu dicari pengunjung juga ada di Gang Lombok nomor 11. Telah berjualan semenjak puluhan tahun lalu, kini dikelola oleh generasi keempat.

Disediakan lumpia basah dan goreng ada yang berisi ayam serta udang. Siapkan budget Rp15 ribu untuk satu biji lumpia khas kuliner Semarang. Kamu bisa membawa pulang kuliner di Gang Lombok ini sebagai oleh-oleh, namun untuk lumpia basah hanya bertahan seharian sedangkan lumpia goreng bisa sampai tiga hari.