Pasar Johar Semarang merupakan salah satu pasar tradisional paling lawas dan terlengkap di Kota Semarang. Maka tidak heran kalau siapa pun bisa dengan mudah menemukan aneka varian kuliner Semarang terlezat atau bahkan aneka kuliner legendaris Semarang.

Pada kesempatan kali ini pun akan dibahas bermacam panganan yang recommended untuk dibeli di pasar ini. Tanpa panjang lebar lagi, yuk cari tahu semuanya di bawah ini!

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Kuliner Semarang - Nasi Goreng Babat Pak Karmin via instagram.com/makandoang

Kuliner Semarang di Pasar Johar yang bisa Kamu jajal adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang sudah melegenda di Semarang. Memang yang di Pasar Johar ini merupakan cabang dari pusatnya di kawasan Mberok Kota Lama Semarang, namun cita rasanya tidak berubah. Pak Sukarmin sudah berjualan nasi goreng babat hampir 50 tahun, sampai kini pun penikmatnya banyak.

Untuk mempertahankan cita rasa, Pak Karmin mencuci sampai bersih daging babat yang mengandung banyak lemak. Khusus untuk babat dengan daging halus direbus selama kurang lebih 3 jam, sedangkan babat kasar direbus paling tidak 8 jam sampai empuk.

Setelah direbus, daging babat tersebut dimasak dengan bumbu rahasia bertekstur kental. Nasi goreng babat ini memiliki cita rasa nikmat pedas yang menggugah selera. Kalau Kamu ke Semarang harus mencicip kuliner legendaris ini ya, cuma Rp25 ribuan kok.

2. Es Dawet Durian

Kuliner Semarang - Es Dawet Durian via instagram.com/semarangfoodtravel

Walaupun hanya berjualan di atas gerobak dan tidak diberi nama khusus, namun es dawet durian ini tidak pernah sepi pengunjung. Kuliner di Pasar Johar ini berisi dawet, santan, air gula merah, serta aneka buah seperti durian berukuran cukup besar dan nangka.

Bisa dikatakan kedai ini melegenda karena sudah berdiri semenjak 20 tahun lalu, dan cita rasanya tetap enak dengan porsi besar. Seporsi es dawet durian berisi 3 sampai 4 durian besar, dihargai Rp20 ribuan.

3. Lumpia Gang Lombok

Kuliner Semarang - Lumpia Gang Lombok via instagram.com/gitoeste

Nah camilan satu ini letaknya tidak jauh dari Pasar Johar sekitar 5 menit berjalan kaki, tepatnya di Gang Lombok Nomor 11 dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie. Memang lumpia merupakan kudapan khas Semarang dan dijual di berbagai sudut di kota ini.

Namun, konon Lumpia Gang Lombok ini merupakan kedai legendaris dan telah dikelola oleh generasi ketiga. Terdapat dua jenis lumpia yaitu basah dan kering, dengan isian rebung muda, udang, dan telor. Kuliner Semarang ini memiliki cita rasa gurih, apalagi ditambah saus kental dan daun bawang segar. Kamu cukup siapkan kocek setidaknya Rp15 ribu, demi mencicip lumpia legendaris ini.