Jangan kira kalau kuliner Semarang memiliki varian yang sama persis seperti kuliner-kuliner daerah lainnya di Jawa Tengah. Bukan gudeg atau tengkleng, Semarang sejatinya punya kuliner andalannya sendiri yang bertajuk Nasi Ayam Bu Widodo.

Nasi Ayam Bu Widodo terkenal memiliki citarasa yang gurih dengan kenikmatan yang tiada tara. Penasaran ingin tahu lebih banyak soal kuliner Semarang 2018 ini? Mari simak ulasannya yang ada di bawah.

Memanjakan Lidah Sejak Era Tahun 90an

Kuliner Semarang - Nasi Ayam Bu Widodo via instagram.com/makandoang

Nasi Ayam Bu Widodo sudah ada sejak tahun 1994. Jika dihitung-hitung sampai sekarang ini, keberadaanya kurang lebih sudah 24 tahun lamanya. Karena hal itulah, telah banyak memiliki pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat dilihat sekilas, mungkin oang-orang akan menyangka jika penjualnya menawarkan gudeg. Pasalnya, sang penjual dikelilingi oleh panci-panci dengan ukuran besar yang komplit dengan berbagai lauk.

Serupa Namun Tak Sama dengan Nasi Liwet

Sekilas, kuliner Semarang ini mirip dengan nasi liwet khas Solo, namun berbeda. Nasi liwet khas Solo disajikan dengan memanfaatkan kuah aren. Sementara nasi ayam Semarangan ini memanfaatkan kuah opor berwarna kuning. Ditambah lagi pemanfaatkan sayur labu sehingga citarasanyA cenderung manis gurih.

Dalam satu porsi nasi ayam di sini akan ada nasi, tahu opor, labu siam, telur bumbu, krecek, dan juga suwiran ayam. Citarasanya gurih, sedikit pedas, dan agak manis. Pilihan lauknya beragam, ada opor daging kampung, usus, telur muda, sate jerohan, dan kerupuk. Ditambah dengan sambal rasanya makin nendang.

Satu lagi yang membuat kuliner satu ini adalah wadahnya yang memanfaatkan daun pisang. Jadi, kamu akan merasakan sedikit citarasa daun pisang, terlebih lagi saat hidangan masih panas. Maka dai itulah, jangan lupa mampir jika sedang ke Semarang.

Pembasmi Lapar di Malam Hari

Kuliner Semarang - Nasi Ayam Bu Widodo via instagram.com/thedongun

Nasi Ayam Bu Widodo ini termasuk salah satu pilihan kuliner malam di Semarang. Pasalnya, buka tempat makan ini pada jam 17:00 hingga menjelang malam sekitar pukul 23:00 WIB. Lokasi bejualan nasi ayam ini berada di sekitaran Simpang Lima Semarang di depan Tugu Pemuda, di seberang pojok Masjid Raya Baiturrahman, atau di sekitaran 100 meter dari Lawang Sewu.

Harga satu porsi nasi ayam di sini juga sangat terjangkau, kamu tidak akan merogoh saku terlalu dalam. Satu porsi kuliner Semarang ini dengan isian standar akan dibandrol mulai dari Rp11.000-an. Harga yang terbilang cukup terjangkau jika dibanding dengan pengalamannya!