Akhir-akhir ini, nama wilayah Pujon di wisata Malang kembali menjadi topik pembicaraan hangat di tengah para wisatawan. Terkenal dengan area pegunungannya yang sejuk nan hijau, Pujon kini semakin menarik perhatian dengan mempersembahkan Kafe Sawah Pujonkidul.

Kafe yang menyediakan deretan kuliner Malang lezat ini masih baru tapi sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena instagenic. Mau tahu lebih lanjut soal kafe menarik ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Memandang Hamparan Sawah yang Damai

Kuliner Malang - Kafe Sawah Pujonkidul via travelingyuk.com

Kafe Sawah berada di ujung Kota Batu, tepatnya di Desa Pujonkidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam dari kota Malang.

Tidak seperti kafe di kuliner Malang pada umumnya, tempat nongkrong ini berdiri di tengah kawasan persawahan hijau nan luas. Lengkap dengan panorama alam yang masih sangat asri. Sejak diresmikan pada 2017 silam, tempat ini kerap dipadati wisatawan.

Akses menuju lokasi cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jika berangkat dari Batu, Kamu bisa bergerak ke arah Pujon hingga menemukan pertigaan berhiaskan Patung Sapi Pujon.

100 meter setelah patung tersebut, Kamu akan melihat gapura masuk perkampungan di sisi kiri jalan, dengan pohon beringin besar sebagai penanda. Dari sini kalian tinggal lurus mengikuti jalur atau sesekali bertanya arah pada penduduk setempat. Tak perlu khawatir, sebagian besar warga sudah mengetahui keberadaan destinasi ini.  

Kuliner Ndeso yang Jadi Andalan

Kuliner Malang - Kafe Sawah Pujonkidul via travelingyuk.com

Menikmati pemandangan alam indah tak lengkap rasanya jika tak sambil mencicipi kuliner khas sekitar. Kafe Sawah menyajikan beragam sajian ala pedesaan, dengan rasa menggugah selera.

Salah satunya adalah Tahu Kopyok Pakde Han, yang kerap dipadati pengunjung. Ada juga jajanan ndeso seperti cilok, es krim, dan ragam olahan masakan lainnya yang pasti nikmat. Sebaiknya jangan datang ke sini dalam kondisi perut penuh jika ingin menjajal semuanya.

Masuk ke area dalam, terdapat pendopo yang menyediakan tempat makan lesehan dengan konsep terbuka. Di sini Kamu bisa mencicipi kuliner prasmanan dengan menu khas desa, seperti nasi jagung, nasi empok, bakso, dan masih banyak lagi. Dari sini kalian juga bisa melihat keseluruhan view desa wisata Pujonkidul sambil menyantap kuliner Malang yang digemari.