Buat Aremania, pasti sudah kenal dan sering merasakan Es Tawon Kidul Dalem sebagai teman yang setia di kala haus melanda. Kuliner Malang ini cukup fenomenal mengingat es ini juga sudah dijajakan sejak 1955. Penasaran sama keunikan Es Tawon ini seperti apa? Yuk simak bahasannya!

Asal Mula Es Tawon, Sang Legendaris

Kuliner Malang - Es Tawon Kidul Dalem via travelingyuk.com

Penyebutan es ini juga terbilang cukup unik dan ada cerita lucu dibaliknya. Penamaannya diambil karena melihat toples gula air gula yang sering dikerubungi oleh tawon, maka tercetuslah nama Es Tawon.

Untuk segi penampilannya sendiri, es ini sama seperti es campur yang dijajakan penjual lain. Namun, karena penjualnya mempunyai resep yang jitu, akhirnya es Tawon ini mempunyai cita rasanya sendiri yang berbeda.

Disini kamu akan mendapati foto lawas yang diambil sekitar tahun 1967 dimana menunjukkan gambar Yamina muda yang mana menjadi bukti kelegendarisan warung ini.

Cara Pengolahannya Tradisional

Dalam pembuatan es Tawon, es yang diserut menjadi komponen utama. Nah, karena teknologi sudah semakin canggih, biasanya pedagang es campur sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk menyerut es itu sendiri.

Namun, Es Tawon Kidul tetap mempertahankan cara tradisonalnya dalam menyerut es sebelum diguyur dengan siraman sirup dan isian pelengkap lainnya. Cara ini juga ternyata menjadikan cita rasa Es Tawon Kidul Dalem menjadi berbeda dari es biasanya.

Kuliner Malang - Es Tawon Kidul Dalem via travelingyuk.com

Di sini kamu bisa memesan berbagai olahan es seperti Es Campur, Es Kacang Hijau Alpukat, Es Kacang Tape, Es kacang Hijau, Es Kacang Hijau Ketan Hitam dan Bubur Kacang Hijau. Menu diatas sebenarnya mirip, yang membedakan adalah varian toppingnya. Untuk harganya sendiri kamu bisa dapatkan dengan harga Rp. 8.000 seporsinya.

Kamu bisa juga pesan gorengan cuma seharga Rp. 1.000 per buahnya. Lokasinya berada di Jalan  Zainul Arifin No. 35. Kamu tidak perlu khawatir juga, karena lokasi kuliner Malang es Tawon kidul Dalem ini sudah permanen!