Sebelum pelesir ke wilayah Lombok, maka kamu harus pelajari dulu apa saja kuliner Lombok yang nantinya dapat dijajal. Utamanya pada bagian kuliner tradisionalnya yang dikenal memiliki rempah dan cita rasa yang khas. Tiga di antaranya yang paling kondang akan dikupas informasinya di bawah ini, nih. Yuk baca untuk menambah wawasan khasanah kuliner Nusantara kamu!

1. Ayam Taliwang

Kuliner Lombok - Ayam Taliwang via instagram.com/isnasutanto

Lapar menjelang malam hari? Jangan khawatir. Kamu bisa mencoba Ayam Bakar Taliwang Pak Udin. Usaha kuliner yang berlokasi di Jl Gelatik no 2B ini baru buka saat petang atau sekitar pukul 6 sore. Pak Udin menjalankan usahanya di warung sederhana. Sebelumnya ia sempat menempati kedai kecil di Jl Pejanggik.

Namun seperti kata peribahasa, jangan nilai buku hanya dari sampulnya. Meski tak berada di restoran mewah, Ayam Bakar Taliwang Pak Udin punya rasa berkelas. Tak heran hingga kini masakannya terus punya sederet penggemar setia.

2. Dodol Rumput Laut

Kuliner Lombok - Dodol Rumput Laut via instagram.com/oleholehkhaslombok

Selain dinikmati di tempat, makanan asli Lombok juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Namun pastikan Kamu membeli produk yang tepat. Pilihkan jajanan atau kue yang awet dan tahan lama, hingga masih tetap terasa nikmat begitu sampai tujuan.

Ada Dodol Rumput Laut. Seperti namanya, dodol ini menggunakan rumput laut sebagai bahan utama. Meski berbeda dari dodol pada umumnya, rasa makanan ini tetap nikmat di lidah kok. Rumput laut sendiri punya manfaat bagus untuk tubuh dan membuat pencernaan jadi semakin lancar.

Dodol Rumput Laut dijamin bakal memberi sensasi kelezatan yang berbeda. Jajanan ini juga tahan lama dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh maupun disajikan untuk tamu. Kamu bisa membelinya di hampir semua toko oleh-oleh kuliner Lombok

3. Tuak Manis

Kuliner Lombok - Tuak Manis via instagram.com/kenalilombok

Tak banyak orang tahu bahwa Lombok juga punya sajian minuman tradisional yang khas. Warga lokal biasa menyebutnya dengan istilah tuak manis, terbuat dari air yang dihasilkan Pohon Enau. Kandungan di dalam minuman ini dipercaya mampu mengusir berbagai macam penyakit.

Tuak Manis aman dikonsumsi tua maupun muda. Rasanya manis dan menyegarkan. Minuman ini banyak dijajakan di sekitar Hutan Pusuk di Gili Trawangan. Tak sedikit pula pedagang kuliner Lombok di daerah Lombok Utara yang menawarkannya.