Tak kalah dari kuliner Bali, kuliner Lombok akhir-akhir ini santer dibicarakan karena menonjolkan cita rasanya yang segar dan pedas. Racikan rempah yang khas juga menggiring makanan-makanan Lombok menjadi makanan kesukaan para wisatawan. Lantas, kuliner asal Lombok apa saja sih yang wajib masuk daftar petualangan kulinermu? Cari jawabannya di bawah yuk!

1. Nasi Balap Inaq Esun

Kuliner Lombok - Nasi Balap Inaq Esun via travelingyuk.com

Walaupun menunya sederhana, Nasi Balap Inaq Esun adalah salah satu kuliner legendaris di Lombok Tengah. Apalagi bagi penggemar kuliner pedas. Satu porsi nasi balap terdiri dari ayam suwir, tumis ayam pedas, kacang kedelai goreng, dan nasi. Pengunjung juga bisa menambahkan telor asin yang dibakar.

2. Ayam Taliwang

Bagi penggemar kuliner pedas, kuliner Lombok adalah surganya. Ayam taliwang terdiri dari satu ekor ayam bakar, plecing kangkung, dan sambal taliwang itu sendiri. Sebenarnya Taliwang adalah nama yang diadaptasi dari tempat lahir kuliner ini, Karang Taliwang. Tidak akan susah untuk mencari menu tradisional ini. Kamu bisa menemukannya di pedagang kaki lima bahkan hotel-hotel berbintang.

3. Plecing Kangkung

Kuliner Lombok - Plecing Kangkung via travelingyuk.com

Kangkung adalah sayur yang familiar dengan lidah masyarakat indonesia, begitu pula di Lombok. Plecing kangkung adalah salah satu kuliner yang jangan sampai terlewat untuk dicoba.

Kangkung rebus disajikan dengan sambel tomat yang menggunakan terasi khas Lombok. Bersama kedelai dan tauge. Yang membuat lebih khas lagi adalah kangkung yang digunakan, meski telah direbus namun tetap renyah.

4. Sambal Beberuk

Beberuk biasa ditemukan satu paket dengan ayam taliwang bersama sambal tomat. Terdiri dari irisan terong dan kacang panjang mentah serta sambal segar. Rasanya tidak  pedas. Bahkan rasa cabainya tidak terlalu menusuk lidah, karena lebih didominasi oleh rasa segar yang muncul dari tomat.

Itulah keempat kuliner khas Lombok yang wajib banget untuk dicoba dan dicicipi. Ada rencana untuk datang ke Lombok Tengah dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner Lombok di atas ya!