Kamu yang merupakan pecinta hidangan soto pasti tahu betapa sedapnya panganan berkuah kuning atau bening yang satu ini. Mau itu soto daging ataupun soto ayam, kamu pasti tak mampu menolak kelezatannya yang menggoda iman.

Nah, pas banget di musim hujan seperti ini, kamu mesti sempatkan menjajal soto di kuliner Jogja yang masing-masing memiliki cita rasa khas-nya sendiri-sendiri. Penasaran? Hangatkan lidah, perut, dan jiwamu lewat menyantap soto andalan Jogja berikut yuk!

1. Soto Sapi Pak Gimin

Kuliner Jogja - Soto Sapi Pak Gimin via instagram.com//lie_joko_budiman

Soto Pak Gimin merupakan salah satu kuliner legendaris yang terdapat di Kabupaten Bantul. Buka dari jam 07:00 sampai dengan habis, tempat makan Jogja ini menyuguhkan menu soto sebagai sajian utamanya.

Pilihan lauknya beberapa yang bisa dipilih, mulai dari daging sampai dengan paru goreng. Satu porsinya dibanderol mulai dari Rp18.000. Lokasinya terdapat di Jl. Bantul, Sawahan, Pendowoharjo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

2. Soto Djiancuk

Kemudian ada tempat yang memiliki nama begitu nyeleneh, yakni Soto Djiancuk. Soto kuliner Jogja ini sebenarnya merupakan soto khas Blitar yang berada di Jogja. Tepatnya berada di Jl. PGRI 2 No. 59, Kasihan, Bantul, Jogja dan sudah ada sejak tahun 2000 lalu.

Seporsinya terdiri atas, potongan daging segar, taoge, keripik kentang, irisan tomat, telur rebus, nasi dan kuah cokelat yang nikmat. Harga seprosinya Rp12.000 saja dengan cita rasa yang nikmat. Tempat ini buka mulai dari jam 08:00 sampai habis.

3. Soto Kadipiro

Kuliner Jogja - Soto Kadipiro via instagram.com/jogjaindotcom

Soto Kadipiro adalah warung soto tertua di Jogja, telah ada sejak 1921 dan didirikan oleh Widadi Tahir Karto Wijoyo. Ada potongan lenthok dalam setiap porsinya. Kuahnya memiliki warna kuning dari bumbu rempah yang digunakan. Lokasinya berada di Jl. Wates No. 33, Jogja. Harga satu porsinya Rp10.000 saja. Ditambah dengan perkedel Rp1.000. Harga yang begitu terjangkau.

4. Soto Moneter

Munculnya nama Soto Moneter untuk tempat makan ini lantaran dibuka saat Indonesia sedang krisis ekonomi atau kala itu disebut dengan krisis moneter. Nah, tidak hanya namanya saja yang begitu unik, penyajiannya juga. Ada tambahan kemangi dan juga lauk lenthok, perkedel yang terbuat dari singkong.

Warung kuliner Jogja ini mulai bukan dari pukul 10:00 hingga 12:00 WIB. Alamat dari Soto Moneter ini berada di Jl. Ringroad Timur No. 490, Plumbon, Bangunatap, Bantul. Bisa mencari informasi lebih lanjut di 0877-3972-1177. Seporsi hanya Rp10.000-an.