Para penikmat kuliner Nusantara mungkin lebih familiar dengan hidangan soto khas Makassar atau Lamongan. Tapi, kalau mendengar sajian soto lenthok khas kuliner Jogja, rasanya masih banyak penikmat kuliner yang belum tahu.

Lantas, apa yang membedakan soto ini dengan soto populer khas Nusantara lainnya? Ternyata soto lenthok ikut dilengkapi dengan topping lenthok alias perkedel dari ketela. Penasaran mencicipinya? Datangi langsung yuk warung-warung soto lenthok di Kota Pelajar ini!

1. Soto Ayam Lenthok Pak Man

Kuliner Jogja - Soto Ayam Lenthok Pak Man via instagram.com/krisfero

Soto Ayam Lenthok Pak Man identik dengan perkedel ketelanya dan juga potongan tahu bacem. Karena tambahan kedua bahan itulah, cita rasanya cenderung manis. Alamatnya berada di Alun-alun Kidul Jogjakarta, mulai beroperasi pukul 07:00 sampai 14:30 WIB. Seporsi soto lenthok di Jogja satu ini dipatok Rp10.000 saja. Ada tambahan sate uritan dan juga gorengan untuk camilan.

2. Soto Lenthok Pak Gareng

Soto lenthok di kuliner Jogja selanjutnya adalah Soto Lenthok Pak Gareng yang memiliki sekitar 3 cabang di Jogja. Salah satu alamatnya berada di Jl. Damai No. 108, Banteng, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman.

Jam bukanya, 06:00-13:00. Ciri khas di sini adalah lenthoknya yang memiliki ukuran cukup besar. Harganya, satu porsi soto dicampur lenthok harganya Rp11.000. Sementara untuk yang dipisah, Rp12.000.

3. Soto Ayam Pak Yatno

Kuliner Jogja - Soto Ayam Pak Yatno via instagram.com/jajandhisik

Tempat lainnya adalah Soto Ayam Pak Yatno yang juga tidak kalah rekomended. Di sini kuahnya agak manis, lengkap dengan tahu bacem dan lenthok. Alamatnya berada di Jl. Jl. Pangurakan No.4, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta (depan Loop Station/Sebrang Gedung Ex KONI/Belakang Kantor Pos Besar). Jam bukanya mulai 06:00 sampai habis. Harganya, satu porsi Rp8.000 saja.

4. Soto Lenthok Pak Topan

Tempat enak lainnya ada Soto Lenthok Pak Topan yang biasanya balungan yang bisa dipesan. Alamatnya berada di Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo, Gondokusuman, Jogja (deretan depan Kampus UKDW).

Jam bukanya mulai dari 07:00 sampai dengan pukul 10:00 WIB. Nah, harganya sangat terjangkau, kamu bisa mencicipinya di bawah Rp10.000 saja. Menggiurkan bukan kuliner Jogja yang satu ini?