Ingin wisata kuliner Jogja tapi takut gemuk? Maka solusinya adalah meluncur ke warung Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wiji di Sleman. Warung ini lho yang bisa kamu jadikan jujukan wisata kuliner sehat ketika jalan-jalan di Kota Pelajar.

Lebih jauhnya, menu yang tersedia di sini mengandalkan nasi merah sebagai menu karbohidrat utamanya. Soal rasa dan harganya pun kamu tak perlu khawatir. Yang pasti Ia sangat pas di lidah dan bersahabat di kantong.

Berasal dari Wilayah Gunung Kidul

Kuliner Jogja - Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wijil via instagram.com/jogjabikinlaper

Beralamat di Jalan Pakem-Turi, Dusun Mangunan, Kecamatan Turi, Sleman, warung Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wijil aslinya menawarkan makanan tradisional kha Gunung Kidul. Pendirinya yang bernama Pak Tugiran sengaja mengagas warung ini demi melestarikan resep masakan Gunung Kidul yang nikmat nan legendaris. Warung Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wijil sendiri sudah berdiri sejak 14 tahun silam, lho. Sampai sekarang, warung ini pun masih eksis dan menjadi tujuan wisata kuliner para wisatawan.

Beragam Menu Tradisional yang Sehat dan Lezat

Dari dulu hingga kini, menu kuliner Jogja yang disajikan di sini tak pernah berubah. Pilihan nasinya tetaplah nasi merah yang kaya serat dan rendah kalori. Sedangkan untuk varian lauknya, kamu bebas memilih aneka masakan rumahan Gunung Kidul seperti oseng-oseng sayuran, pepes tuna, tahu tempe bacem, sayur santan, empal, hingga sate jerohan. Semuanya diolah dengan bumbu rempah Jawa yang komplit dan menggugah selera.

Kuliner Jogja - Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wijil via instagram.com/tovicraharja

Namun tetap yang menjadi andalan di sini adalah menu lodeh Lombok ijo dan gudegnya. Bukannya tanpa alasan, menu lodeh Lombok ijo dan gudeg ala Sego Abang Lombok Ijo Mbah Wijil memang memiliki cita rasa yang khas.

Seporsi lodeh Lombok ijo di sini berisi potongan tempe kecil-kecil, bumbu cabe ijo, dan kuah santan kental yang gurih nan nikmat. Kalau menu gudegnya, Ia terbilang unik karena disertai dengan bahan daun pepaya.

Untuk sekedar informasi, kuliner Jogja ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 18.00 malam. Semua menu lauk hingga makanan utamanya dipatok mulai kisaran harga Rp3.000,- saja. Bagaimana? Sudah ada rencana untuk wisata kuliner segar di sini?