Jajanan pukis merupakan camilan khas kuliner Jogja yang punya tekstur empuk dan cita rasa manis legit. Ia pun kerap dipadukan dengan aneka topping menggiurkan seperti cokelat meses, keju, hingga yang paling kekinian adalah kitkat dan nutella. Kalau kamu penasaran untuk mencicipi sendiri seperti apa kenikmatan hakiki dari jajanan ini, pastikan kamu mampir ke salah satu kedai pukis terbaik Jogja berikut.

1. Dokter Pukis

Kuliner Jogja - Dokter Pukis via Instagram/tastefuljogja

Pertama, ada yang menawarkan pukis dengan topping kekinian. Ada Keju, Cokelat, Chocomaltine dan lain-lain. Namanya adalah Dokter Pukis. Ada dua tempat yang bisa kamu kunjungi untutk mencicipi pukis ini. Pertama di Jl. Kepuhsari Paingan Maguwo depan Kampus 3 Sanata Dharma.

Kedua di Jl. Mosez Gatotkaca Mrican (deretan PKL Mrican). Jam bukanya mulai dari pukul 11:00 hingga 20:00 WIB. Harganya, mulai dari Rp7.000 sampai dengan Rp20.000. Jika kamu pengin pukis kekinian, bisa mampir ke salah satu lokasinya ya.

2. Kue Bandung & Pukis Ko Ayung

Kuliner Jogja - Kue Bandung & Pukis Ko Ayung via Instagram/jogjabikinlaper

Salah satu kuliner Jogja yang sangat recommended untuk dikunjungi jika kamu sedang ngidam pukis adalah Kue Bandung & Pukis Ko Ayung Kotabaru. Bagaimana tidak, pukis di tempat ini memiliki ukuran yang jumbo dengan meses yang sangat tebal. Hanya makan satu biji saja akan kekenyangan, rasanya juga tidak perlu untuk dipertanyakan lagi.

Alamat pukis ini berada di Jl. Abu Bakar Ali No. 2, Kotabaru, Gondokusuman, Jogjakarta. Lokasinya ada di sebelah timur Gereja Kotabaru. Jam bukanya mulai dari pukul 16:00 hingga 21:00 WIB, atau sampai habis. Harganya, satu biji pukis di tempat ini dibanderol Rp7.000 saja.

3. Pukis Mang Tosir

Kuliner Jogja - Pukis Mang Tosir via Instagram/kulinerjogya

Tidak kalah dari yang sebelumnya, ada Pukis Mang Tosir yang tersedia dengan beragam rasa. Selain pukis sebagai pilihan utamanya, di sini juga menawarkan semacam kue apem, bisa jadi pilihan camilan kuliner Jogja kamu. Alamatnya berada di sekitaran Toko Buku Togamas Gejayan, Jogja atau di Mirota Pasaraya. Jam bukanya mulai pukul 10:00 sampai dengan 21:00 WIB. Harganya, mulai dari Rp2.500 sampai dengan Rp5.000.