Kuliner Jogja dengan citarasa khas nan yahud nyatanya bisa kamu temukan nyaris di semua sudut kota Jogja. Mulai dari kawasan pinggir jalan, perkampungan, hotel, pusat perbelanjaan, café, hingga di pasar-pasar tradisional. Salah satu spot paling ciamik untuk wisata kuliner di pasar tradisional Jogja adalah Pasar Pathuk. Letaknya pun hanya sepelempar batu dari kawasan Malioboro, lho. Lantas, kuliner apa saja yang jadi andalan di Pasar Pathuk ini?

1. Nasi Kuning

Kuliner Jogja - Nasi Kuning Pasar Pathuk via instagram.com/voilajogja

Nasi Kuning Pasar Pathuk adalah teman sarapan yang pas buat kamu nih. Kamu bisa memesan seporsi nasi kuning dengan harga Rp15.000,- yang berisi nasi kuning, perkedel, serundeng, keripik kentang, telur dadar, irisan timun, dan daun kemangi. Wow, komplit juga kan untuk harga yang cuma Rp15.000,-? Maka sebab itu, Nasi Kuning Pasar Pathuk amatlah laris dan bisa amblas hanya dalam waktu dua jam saja!

2. Nasi Langgi

Kuliner Jogja - Nasi Langgi Mbak Muna via instagram.com/mahardikaputra

Nasi Langgi adalah menu nasi yang dimasak dengan campuran rempah, santan, dan asam jawa.  Untuk lauknya, kamu bakal disuguhi dengan lauk telur dadr, abon, perkedel, sambel, kering kental, dan timun. Kuliner Jogja yang satu ini pun sebenarnya merupakan kuliner asli Solo.

Namun, Ia juga bisa dengan mudah kamu jumpai di Pasar Pathuk. Nasi Langgi yang paling terkenal di Pasar Pathuk adalah Nasi Langgi Mbak Muna. Letaknya ada pintu masuk samping pasar yang menghadap ke Jala Beskalan. Harga sepiringnya murah kok, alias cuma Rp13.000,- saja. Lumayan kan sebagai alternatif menu sarapan selain nasi kuning di atas?

3. Jenang Gempol

Kuliner Jogja - Jenang Gempol Simbok via instagram.com/jogjabikinlaper

Kalau ke pasar tradisional Jawa, tak lengkap rasanya jika tak membeli hidangan jenang yang lembut nan kenyal. Makanan penutup legendaris ini pun ada banyak macamnya. Di Pasar Pathuk sendiri, sajian jenang yang wajib dicoba adalah Jenang Gempol.

Lebih tepatnya, kamu bisa mencicipi Jenang Gempol Simbok yang ada di area barat Pasar Pathuk. Jenang Gempol Simbok sudah buka sejak pagi hari dan seporsi jenang hanya dibanderol seharga Rp5.000,- saja. Hati-hati agar tidak kesiangan jika kamu hendak membeli Jenang Gempol Simbok ini. Pasalnya, siang sedikit saja, Jenang Gempol Simbok sudah ludes alias laris tak bersisa.  

Ternyata seru banget kan berburu kuliner Jogja di Pasar Pathuk ini? Apalagi kalau kamu sedang lapar selepas heboh belanja di Malioboro. Tak perlu deh cari tempat makan yang jauh-jauh. Langkahkan saja kakimu ke Pasar Pathuk dan dapatkan beragam kuliner ala Jogja yang enak nan murah meriah!