Salah satu  kuliner Jogja yang sempat viral beberapa waktu lalu adalah Mie Ayam Lempar Cak Uji. Sebenarnya, menunya tidak jauh berbeda dengan yang ada di tempat lain, yakni mie dilengkapi sawi rebus dengan siraman daging ayam. Yang bikin unik adalah proses memasak dan menyajikannya.

Jadi, Cak Uji bakal melakukan atraksi melempar-lempar mie ketika memasaknya. Proses masak tersebut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang mampir untuk makan. Lalu seperti apa, sih, atraksinya? Apa pula tujuan Cak Uji melempar-lempar mie tersebut? Yuk, kita simak ulasannya.

Jadi Viral karena Atraksi Unik Melempar Mie

Kuliner Jogja - Mie Ayam Lempar Cak Uji via instagram.com/gembulfoodie

Sebagai pengusaha kuliner, tentunya selalu ada tuntutan untuk menciptakan hal baru nan unik supaya makin ramai pembeli. Cak Uji melakukannya dengan menyuguhkan atraksi yang sangat unik dan juga berani. Dia memasak dengan cara melempar-lempar mie ayam. Jika dilihat seperti melakukan juggling bola.

Cak Uji melempar mie matang dengan menggunakan saringan. Setelah dilempar dengan menggunakan tangan kiri, mie tersebut lalu ditangkap lagi. Jadi, kalau ke sini kita tidak hanya menyantap makanan saja. Namun, sekaligus memanjakan mata dengan melihat atraksi juggling mie yang unik.

Lemparan yang Mencapai Dua Meter

Kuliner Jogja ini sudah berdiri sejak tahun 1991, lho. Skill sang pemilik dalam melempar mie juga tidak main-main. Cak Uji melakukannya dengan sangat ahli dan cekatan. Beliau mampu melempar mie hingga dua meter! Atraksi inilah yang seketika membuat kulinernya dinamai Mie Ayam Lempar Jogja.

Kematangan Mie Sempurna Berkat Air Rebusan Super Panas

Kuliner Jogja - Mie Ayam Lempar Cak Uji via instagram.com/gembulfoodie

Meski terkesan hanya melempar-lempar mie dengan mudah, namun sebenarnya dibutuhkan skill tinggi dalam melakukannya. Ada pula satu syarat wajib untuk dipenuhi, yakni air rebusannya harus sangat panas supaya mie bisa matang sempurna. Cak Uji menuturkan bahwa untuk melempar-lempar itu lebih mudah jika mie-nya matang dengan sempurna. Mie juga tidak mudah putus.

Lokasi Serta Harga Mie Ayam Lempar Cak Uji

Cak Uji mempelajari sendiri skill melempar mie ini. Bukan semata untuk atraksi, namun tujuannya yakni membuat mie lebih mudah dan cepat ditiriskan. Kuliner mie ayam Cak Uji berupa warung tenda sederhana yang terletak di Jalan Kol.Sugiono No. 97, Mergangsan, Jogja. Dalam sehari, Cak Uji bisa menjual sekitar 250-300 porsi, lho.

Jika Anda jalan-jalan ke Jogja dan ingin mencicipi kuliner uniknya, maka wajb banget mampir ke sini. Kuliner Jogja yang satu ini jelas sayang kalau dilewatkan. Selamat kulineran.