Kamu sudah pernah mencicipi dessert tradisional Jawa yang bernama Jenang? Kalau kamu orang Jawa asli, kamu pasti sudah tidak asing dengan kuliner khas Jawa yang satu ini. Ia amat mudah ditemukan di dalam pasar-pasar tradisional.

Sekali melahapnya, lidah langsung dimanjakan dengan teksturnya yang lembut dan bercita rasa gurih legit di mulut. Jenang sendiri macamnya ada banyak, mulai dari jennag grendul hingga jenang sum sum. Nah, kalau kamu kebetulan lagi wisata kuliner Jogja, jenang-jenang berikut patut banget untuk dicoba nih.

1. Jenang Mbah Ngajinem

Kuliner Jogja - Jenang Mbah Ngajinem via instagram.com/jogjafoodhunter

Jenang Mbah Ngajinem merupakan salah satu yang banyak dipilih. Jenangnya memiliki tekstur lembut yang pas dengan rasa yang tidak terlalu manis. Berada di Jl. Demangan Baru, Jogja.

Tepatnya di depan Hakkata Ikousha, namun sedikit ke arah utara. Bukanya mulai dari jam 16:00 hingga habis. Biasanya, sudah habis pada jam 19:00 WIB. Harganya sangat terjangkau, kamu bisa membeli dengan uang Rp5.000 saja.

2. Jenang 8 Rasa

Jenang 8 Rasa merupakan tempat kuliner Jogja yang hits beberapa waktu yang lalu. Di sini memang seperti namanya, menawarkan 8 rasa yang berbeda. Mulai dari mutiara merah, pati garut, kacang hijau, sumsum, grendul, angkrang, ketan hitam, dan ibu rambat jahe.

Datang saja ke Pasar Kranggan di Jl. Poncowinatan, Gowongan, Jetis, Jogja. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 hingga 14:00 WIB. Harganya sangat murah, dipatok Rp4.000 saja.

3. Jenang Bu Gesti

Kuliner Jogja - Jenang Bu Gesti via instagram.com/jajanyogya

Jenang Bu Gesti merupakan salah satu yang legendaris di Jogja. Keberadaanya telah ada sejak tahun 1960. Variannya cukup beragam, ada jenang candil, mutiara, bumbur sumsum. Rasanya mantap dan pas. Bisa dicicipi di Pasar Lempuyangan, Jogja. Jam bukanya mulai dari jam 08:00 sampai habis. Harganya juga murah, hanya Rp5.000 saja. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

4. Jenang Bu Wiganti

Ada pula jenang dengan harga yang sangat murah meriah di kuliner Jogja, yakni Bu Wiganti yang membanderol dagangannya Rp3.000 saja per porsi. Dengan harga segitu, kamu sudah mendapatkan 5 varian jenang, ada monte, candil, sumsum, ketan hitam, dan juga kacang hijau. Bu Wigati biasanya beroperasi dengan sepedanya di sekitaran Jl. Magelang, Kricak, Jati Mulyo.