Main-main ke daerah Kraton, Jogja, jangan lewatkan untuk berwisata kuliner ke Warung Brongkos Bu Rini. Kuliner Jogja yang satu ini walau lawas dan sederhana tapi bakal menggoyang lidah kamu tanpa henti. Pun rumornya, Ia sampai menjadi makanan favorit dari sang Sultan Hamengku Buwono X, lho. Lalu, kira-kira apa yang membuat hidangan brongkos ini sampai bisa menarik perhatian sang Sultan? Yuk kupas rahasianya di bawah ini.

Makanan Khas Jogja yang Melegenda

Brongkos adalah makanan tradisional khas Jogja yang terdiri atas isian tahu, kacang tolo, daging sapi, hingga cabai rawit. Brongkos pun punya kuah berwarna cokelat yang kaya rasa dan dominan dengan citarasa gurih nan legit. Nah, kalau ditanya siapa penjaja kuliner brongkos paling legendaris di Jogja, jawabannya ya tentu saja di Warung Brongkos Bu Rini. Sebab, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1973 dan sudah dijalankan hingga dua generasi.  

Awalnya warung ini mempunyai nama Warung Brongkos Bu Repan. Bu Repan ini adalah mendiang ibu dari pemilik usaha brongkos yang sekarang yaitu Bu Rini. Setelah Bu Repan meninggal dunia, nama warung brongkos ini pun akhirnya berubah menjadi seperti namanya sekarang. Jadi, untuk pelanggan lama dari warung ini, mereka masih kerap menyebut warung ini dengan sebutan Warung Brongkos Bu Repan.

Keistimewaan Rasa yang Dekat di Hati

Kuliner Jogja - Warung Brongkos Bu Rini via instagram.com/streetfoodstories

Kendati sudah dijalankan oleh tangan kedua, kuliner Jogja berikut citarasanya tak pernah berubah. Brongkos Bu Rini tetap menonjolkan penggunaan rempah yang solid seperti adanya bawang merah, kluwak, bawang putih, lengkuas, daun salam, dan cabai rawit.

Takaran bumbunya pun tak pernah berganti. Inilah yang membuat Brongkos Bu Rini selalu di hati. Untuk menambah kelezatannya, para pelanggan kadang request untuk tambah lauk telur, tempe, perkedel, atau koyor. Kalau kamu, lauk tambahan apa nih yang kemungkinan bakal kamu pilih?

Rela Antri demi Keturutan Makan Seporsi

Kuliner Jogja - Warung Brongkos Bu Rini via instagram.com/injogjafood

Jangan kaget ya kalau nanti kamu harus sabar mengantri demi seporsi Brongkos Bu Rini ini. Pasalnya, penikmat Brongkos Bu Rini tak hanya datang dari Jogja saja nih. Bahkan, tak jarang ditemukan wisatawan mancanegara yang ikut mengantri demi hidangan khas Jogja satu ini.

Nah, Biar tak tersasar, ingat-ingat bahwa Warung Brongkos Bu Rini terletak di depan Plaza Ngasem, Kampung Taman, Kraton. Warungnya sendiri sudah buka mulai pukul 06.00 pagi dan tutup pada pukul 18.00 sore.

Alhasil, ayo segera serbu kuliner Jogja ala Brongkos Bu Rini agar Ia tetap lestari. Semoga wisata kuliner kamu kali ini membawa memori kelezatan yang lebih manis dari sebelumnya!