Kuliner Jawa Tengah memang banyak yang masih mempertahankan resep kunonya hingga sekarang. Sebut saja gudeg,  timlo, dan sego liwet. Hal ini juga berlaku pada mayoritas kuliner Jogja, kuliner Solo, dan kuliner Semarang. Akan tetapi, untuk menarik minat generasi muda, resep kuno ini bisa jadi layak untuk diberi sentuhan masa kini. Untuk itu, intip yuk beberapa kuliner Jawa Tengah yang berhasil dimodifikasi dan menjelma menjadi makanan hits yang disukai semua generasi.

1. Es Krim Jamu Makuta

Kuliner Jogja - Makuta Cafe via instagram.com/melzpang

Meski diubah ke dalam bentuk es krim, es krim jamu ala Makuta tetap memberikan manfaat kesehatan khas jamu pada penikmatnya. Resepnya pun turun temurun dan tersedia hingga 11 macam. Es krim jamu Makuta dijajakan di dalam sebuah café yang cozy dan cocok buat nongkrong bareng teman atau keluarga. Berada di Jalan Gang Pinggir No. 38, Kranggan, Semarang Tengah, café Makuta buka mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

2. Kedai Lupis Jogja

Kuliner Jogja - Kedai Lupis Jogja via travelingyuk.com

Sebenarnya, Lupis tidak hanya dikenal sebagai kuliner Jogja saja melainkan juga sebagai makanan penutup khas Jawa. Tapi, baru di kawasan Jogja saja yang berani memodifikasi kuliner ini menjadi makanan penutup dengan aneka topping yang kekinian.

Jika biasanya hidangan Lupis hanya ditaburi parutan kelapa dan disiram kuah gula merah, maka di Kedai Lupis Jogja kamu bisa meminta topping seperti keju, oreo, green tea, hingga es krim aneka rasa.  Harga per porsinya pun murah gila, yakni hanya berkisar Rp6.000,- hingga Rp9.000,- saja. Bagaimana? Instan tergiur? Yuk langsung saja meluncur ke daerah Sleman karena kedai ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

3. Roti Maryam Choco Melted

Kuliner Jogja - Roti Maryam Choco Melted via travelingyuk.com

Roti Maryam di Indonesia biasanya disuguhkan dengan kuah kari atau kuah gulai. Alhasil, citarasa khas Roti Maryam pun terkenal dengan sensasi yang asin dan gurih. Tapi, bagaimana jika Roti Maryam diubah menjadi sebuah hidangan manis nan kekinian?  Inilah yang menjadi ide dasar dari kedai Fnd Sukoharjo yang terletak di Jalan Raya Songgolangit, Gentan, Sukoharjo, Solo.

Agar naik kelas, Roti Maryam pun disajikan dengan topping manis yang lagi hits seperti choco melted dan taburan keju. Harganya pun sangat bersahabat di kantong karena hanya dibanderol Rp6.000,- per potongnya. Wah, kuliner ini sih cocok banget buat teman nongkrong kamu setiap saat ya? Bagi kamu yang lagi melancong atau berdomisili di Kota Solo, ayo segera serbu kuliner yang satu ini!

Nah, demikianlah ulasan mengenai kuliner Jogja, kuliner Solo, dan kuliner Semarang yang berhasil dilahirkan kembali menjadi sebuah kuliner masa kini. Bisa disimpulkan bahwa semua kuliner tersebut adalah kuliner berjenis manis ya. Apakah kamu punya informasi kuliner asin lawas yang kini jadi kuliner hits? Cantumkan di kolom komentar bawah ya!