Ketika ditanya soal Kuliner Bogor, pasti awalnya yang terpikir adalah asinan. Akan tetapi, yakin nih kalau di Bogor cuma mengandalkan menu kuliner ala asinan saja? Rugi kalau kamu jauh-jauh datang ke Bogor hanya demi mencicipi asinannya! Pasalnya, masih ada rentetan menu kuliner yang wajib dicoba ketika ke Bogor yang berikut ini.

1. Bakso

Kuliner Bogor - Bakso Pak Mien via travelingyuk.com

Faktanya, kuliner bakso tidak melulu datang dari Kota Malang atau Kota Solo. Di kawasan Jalan Pondok Rumput dan Jalan Pandu Raya Bogor juga ada kok sajian bakso khas Bogor yakni Bakso Pak Mien. Yang paling laris dan diburu di Bakso Pak Mien adalah bakso rudal yang terdiri atas campuran daging, tulang rawan, dan lemak sapi yang telah dicincang. Terbayang kan seperti apa sensasi kelezatan baksonya yang kenyal dan gurih?

Tapi siap-siap mengantri panjang demi mendapatkan semangkok Bakso Pak Mien, ya. Sekedar informasi, Bakso Pak Mien buka mulai pukul 11.00 siang. Tak hanya bakso, di Bakso Pak Mien pun tersedia menu mie yamin yang tak kalah menggoda dari menu baksonya. Patut dicoba nih!

2. Sate Maranggi

Kuliner Bogor - Sate Maranggi Bu Ida via instagram.com/richards_hd

Kuliner Bogor satu ini bisa kamu temukan di Pasar Bersih Sentul City di pagi hari. Alhasil, kamu tak perlu menunggu kedatangan gerobak sate yang baru muncul ketika menjelang malam tiba. Cari saja Warung Sate Maranggi Bu Ida. Di sana, Anda pun akan dimanjakan dengan pilihan menu sate maranggi sapi dan kambing.

Dagingnya dijamin empuk dengan bumbu legit yang sudah meresap hingga ke serat-serat daging. Uniknya lagi, sate ini tak akan diguyur dengan bumbu kacang melainkan dengan bumbu kecap yang dipadukan dengan pedas gurih sambal oncom. Agar tetap segar, kamu juga bisa menambahkan acar mentimun dengan potongan cabai rawit dan wortel.

3. Ketoprak

Kuliner Bogor - Ketoprak Pak Japar via travelingyuk.com

Siapa sih yang tak doyan dengan makanan khas Bogor berikut? Sepiring ketoprak menyajikan perpaduan bihun, taoge, lontong, dan tahu yang disiram dengan kuah kacang. Kuah kacangnya pun bakal identik dengan aroma bawang yang harum nan nikmat.

Kalau di Bogor, penjual ketropak paling terkenal adalah ketoprak Pak Japar yang berlokasi di area Taman Yasmin. Keuliner Bogor ini pun bisa dipesan tingkat kepedasannya sesuai dengan keinginan Anda. Ada tingkat kepedasan rendah hingga yang super pedas. Cabai yang digunakan pun adalah cabai jablay yang digadang-gadang lebih pedas dari cabai rawit! Bagaimana? Berani untuk mencobanya segera?