Bogor memang terkenal dengan julukan Kota Hujan. Kuliner Bogor pun banyak yang cocok disantap ketika hujan seperti soto mie hingga oncom goreng. Tapi ketika tidak hujan, udara di Bogor bisa dibilang panasnya cukup menyiksa. Apalagi kalau di jalanan sudah disertai bencana macet yang tak berkesudahan. Oleh karena itu, bagi kamu yang hendak bertandang ke Bogor, penting bagi kamu untuk tahu makanan dan minuman Bogor yang bakal menyegarkan jiwa dan pikiran kamu berikut.

1. Es Pala Bu Aisyah

Kuliner Bogor - Es Pala via instagram.com/masgembuldotcom

Pala merupakan sebuah jenis rempah yang kerap dipakai dalam masakan berat seperti semur dank are. Namun, bagaimana jadinya kalau Ia justru disulap menjadi sebuah minuman segar? Penasaran dengan rasanya? Silahkan mampir ke Es Pala Bu Aisyah di kawasan Gang Aut, Jalan Surya Kencana, Bogor.

Es pala ini memiliki sensasi citarasa yang manis dari air gula dan asam dari buah pala itu sendiri. Terakhir, es pala tentunya dilengkapi dengan tambahan es batu yang bikin es menjadi segar-segar adem.

2. Asinan Sedap Gedung Dalam

Kuliner Bogor - Asinan Sedap Gedung Dalam via instagram.com/yummy.id1104

Membahas kuliner Bogor paling segar tidak akan komplit kalau tidak membahas asinan. Entah itu asinan buah atau asinan sayur, hidangan dengan kuah yang asam manis ini pasti cocok untuk cuaca Bogor yang sedang panas. Untuk rekomendasi kedai asinan paling legendaris, kamu bisa menjajal Asinan Sedap Gedung Dalam yang sudah berdiri sejak tahun 1978.

Dinamakan demikian karena asinan ini memang lokasinya berada di sekitar area Gedung Dalam. Area tersebut pun merupakan area yang punya nilai sejarah bagi para masyarakat Tionghoa Bogor. Untuk letak kedai lebih tepatnya berada di Jalan Siliwangi No. 27 C, Sukarasari, Bogor. Semisal kamu bingung ingin memilih makan asinan sayur atau buah, di kedai ini kamu bisa request untuk minta asinan campur. Wah, mantap betul!

3. Alpukat Kocok

Kuliner Bogor - Alpukat Kocok via instagram.com/separuhakulemak

Alpukat kocok mempunyai tekstur yang lebih kental dan kasar dibandingkan dengan jus alpukat. Ini karena alpukat kocok terbuat dari buah alpukat asli tanpa ada tambahan air. Hanya saja, di bagian atasnya akan ditambahkan es serut serta kucuran susu kental manis coklat yang yahud. Kamu pun bisa mencicipi kesegaran alpukat kocok ini di Area Food Eatery, Pasar Bersih Sentul Bogor. Hitung-hitung, minuman ini bakal jadi minuman terbaik setelah kamu selesai berbelanja kan?

Demikianlah daftar kuliner Bogor yang bisa jadi teman kamu ketika cuaca Bogor sedang panas membara. Lebih seru lagi kalau kamu membelinya bareng teman-teman sekantor atau teman-teman sekolah kamu nih!