Bogor termasuk ke daftar kota di Indonesia yang sering dilanda hujan. Maka sebab itu, Ia dikenal dengan julukan si Kota Hujan. Hasilnya, tidak heran kalau ada banyak kuliner Bogor yang pas disantap ketika musim hujan tiba. Mau yang manis, gurih, hingga yang berkuah, berikut daftar makanan khas Bogor yang akan menghangatkan jiwa dan ragamu di musim hujan.

1. Sate Sumsum Pak Oo

Kuliner Bogor - Sate Sumsum Pak Oo via instagram.com/nardyasti_p

Bosan dengan olahan sum-sum yang berkuah, kamu wajib banget menjajal Sate Sumsum Pak Oo yang bertempat di Jalan Surya Kencana No. 193 ini. Pada dasarnya, sate sum-sum ala Pak Oo proses pembuatannya sama seperti sate pada umumnya. Sum-sum dipotong kecil-kecil, ditusuk, dibakar dan dilumuri dengan saus kacang.  Namun, sensasi lumernya sum-sum ketika di lidah itu lho yang bakal bikin kamu kangen menyantap kuliner ini di kala musim hujan.

2. Taoge Goreng Ibu Hj. Omah

Kuliner Bogor - Taoge Goreng Ibu Hj. Omah via instagram.com/buncitfoodies

Kuliner Bogor ala musim hujan selanjutnya adalah Taoge Goreng. Taoge Goreng sendiri adalah hidangan taoge yang dimasak dengan metode bukan digoreng melainkan direbus. Nantinya, taoge rebus ini dikombinasikan dengan potongan tahu, mie, dan kuah bumbu kacang.

Salah satu Taoge Goreng paling legendaris di Bogor adalah Taoge Goreng Ibu Hj. Omah. Cara masaknya saja masih memakai kayu bakar lho. Yuk langsung mampir saja ke Jalan Jenderal Soedirman No. 23A antara pukul 08.30 pagi hingga pukul 17.00 sore.

3. Sop Buntut Ma’emun

Kuliner Bogor - Sop Buntut Maemun via instagram.com/sungsukardi

Siapa sih yang tak mengidamkan kehadiran menu Sop Buntut di musim hujan? Ketika kamu sedang berada di Bogor dan didera oleh musim hujan, langsung saja pesan Sop Buntut Ma’emun di Jalan Salak No. 1, Bogor Tengah, Babakan. Alhasil, rasakan sensasi mengunyah bagian buntut sapi yang empuk dengan menyeruput kuah sop yang segar dan kaya rempah. Sop Buntut Ma’emun pun buka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 06.00 sore. Hati-hati jangan sampai kamu kehabisan!

4. Soto Mie Mang Ohim

Kuliner Bogor - Soto Mie Mang Ohim via instagram.com/jktfoodfighter

Hidangan pamungkas untuk mengenyangkan perut di musim hujan ya apalagi kalau bukan hidangan Soto Mie. Di Bogor, penjaja Soto Mie memang berjajar di setiap jalanan yang ada. Tapi kabarnya, Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman Cimanggu No. 22, Kedung Waringin, Bogor adalah yang terbaik. Semangkok Soto Mie Mang Ohim diisi dengan mie, bihun, wortel, kentang, kikil, dan potongan risol. Baru terakhir, Ia disiram dengan kuah soto yang gurih, segar, dan pastinya menghangatkan badan.

Asyik! Ternyata ada banyak kuliner Bogor yang bisa dinikmati waktu musim hujan tiba. Nah, mana nih yang kira-kira bakal menjadi kuliner favoritmu?