Di setiap sudut jalanan yang ada di Kota Bandung, pasti ada saja kuliner Bandung khas yang menjadi ciri dari jalanan tersebut. Tak terkecuali pada Jalan Kalipah Apo, yang mana sudah lama ditunjuk sebagai destinasi wisata kuliner unggulan di Kota Kembang. Selain terkenal dengan hidangan Lotek Kalipah Apo 42, di Jalan Kalipah Apo juga menjual hidangan menggoda lainnya seperti susu, lomie, hingga sajian es pelepas dahaga. Mau tahu ulasan selengkapnya? Yuk cari tahu bersama di bawah.

1. Lomie 61

Kuliner Bandung - Lomie 61 via instagram.com/foodgallerybdg

Yang membedakan kuliner Lomie 61 dengan kuliner mie di Bandung yang lain adalah jenis mie dan kuahnya. Jenis mie untuk hidangan lomie pada dasarnya lebih pipih dan lebih kecil lebarnya. Sedangkan untuk kuahnya, Ia berwarna kecoklatan karena terbuat dari kaldu rebusan seafood dan bumbu lainnya.

Untuk pelengkapnya, Lomie diberi sawi, taburan daun bawang, dan taburan bawang goreng. Cita rasanya yang gurih manis nan bertekstur kenyal akan menuntunmu untuk senantiasa kembali ke sini. Lomie 61 pun berlokasi di Jalan Kalipah Apo No. 73, Bandung. Kalau kamu bingung, patokannya tepat berada di sebelah Gang Siti.

2. Susu Murni Kalipah Apo

Kuliner Bandung - Susu Murni Kalipah Apo via instagram.com/hospital_herbal002

Kuliner Bandung berikutnya adalah minuman yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan nih. Apalagi kalau bukan minuman susu. Kalau kamu sedang mencari minuman susu enak di Kota Kembang, maka mampirlah ke Susu Murni Kalipah Apo di Jalan Kalipah Apo No. 9.

Berdiri sejak tahun 1968 dan buka mulai pukul 16.00 sore, di sini kamu wajib memesan menu utamanya yakni si Susu Murni. Tapi kalau ingin menu yang lebih variatif, pesan saja minuman Susu Cokelat, Susu Stroberi, Susu Jahe, atau STMJ.

3. Es Goyobod Kalipah Apo

Kuliner Bandung - Es Goyobod Kalipah Apo via instagram.com/ugoalam

Melepas dahaga di siang hari yang terik, saatnya kamu melangkahkan tujuan ke Es Goyobod Kalipah Apo. Ia berada persis di depan Toko Subur. Es Goyobod pun memiliki isian alpukat, kolang-kaling, bubur mutiara, agar-agar, tape, dan es serut. Selanjutnya, isian tersebut disiram dengan susu kental manis, potongan nangka, dan ketan hitam yang legit. Wow, segarnya nendang banget!

Itulah informasi dari tiga kuliner Bandung paling tersohor di Jalan Kalipah Apo. Ketiganya pun punya harga yang tak bikin kantong jebol, kok. Jadi, hati-hati kamu bakal keagihan dan tak bisa berhenti nambah! Dengan begini, selamat mencicipi ketiganya ya.