Sudah pernah dengar kuliner Surabaya yang bernama Ketan Sambel? Wah, kedengarannya unik sekali ya? Kamu pun tidak salah menyangka, karena kuliner ini memang menarik untuk diulas dan dicicipi.

Terbuat dari perpaduan beras ketan punel dengan bubuk kedelai berbumbu, kamu dipastikan ketagihan setelah satu kali suapan. Memang, Ia hanyalah sebuah kudapan tradisional sederhana. Tapi soal rasa, kamu tidak boleh meremehkan apalagi sampai melewatkannya.

1. Ketan Sambel Pak Yono

Kuliner Surabaya - Ketan Sambel Pak Yono via instagram.com/cecekuliner

Ketan Sambel pada dasarnya bukanlah ketan yang diberi pelengkap sambel. Kalau di daerah Malang, Ketan Sambel ini lebi akrab dijuluki sebagai menu Ketan Bubuk. Nah, salah satu penjaja Ketan Sambel yang paling tersohor di Kota Pahlawan sendiri adalah di Ketan Sambel Pak Yono.

Ketan Sambel Pak Yono buka setiap hari dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Untuk lokasinya, Ia terletak di kawasan Bintoro, lebih tepatnya di Jalan Ronggolawe. Masalah harga, seporsinya cuma dibanderol Rp5.000,- saja, lho.

2. Warung Tahu Petis Kedung Doro

Kuliner Surabaya - Warung Tahu Petis Kedung Doro via instagram.com/sbykulinerinfo

Kuliner Surabaya bertajuk Ketan Sambel enak selanjutnya ada di Warung Tahu Petis Kedung Doro. Kendati nama warungnya adalah warung tahu petis, tapi menu andalan lain di sini meliputi sajian Ketan Sambelnya yang ciamik.

Terletak di wilayah Kedung Doro alias di samping kedai Loenpia Nyonya Giok, warung ini buka hingga malam hari. Seporsi ketannya pun hanya dipatok seharga Rp10.000,-. Biar lebih mantap, jangan lupa ikut memesan hidangan tahu petisnya yang pedas manis di lidah.

3. Kedai Punel

Kuliner Surabaya - Kedai Punel via instagram.com/elisa.mardiana

Kamu sedang jalan-jalan di wilayah Taman Bungkul Surabaya? Maka, jangan ketinggalan untuk mampir ke Kedai Punel. Kedai yang beralamat di Jalan Raya Darmo No. 110 ini ahlinya berbagai menu ketan dengan bumbu kedelai dan parutan kelapa.

Biasanya, para pengunjung di sini ikut memesan beraneka varian camilan dan segelas kopi untuk menemani hidangan ketan yang dibeli. Uniknya lagi, semua menu yang dihidangkan di sini disajikan dengan alat makan dan minum seng ala tempo doeloe.

Makan Ketan Sambel di kuliner Surabaya memang bikin siapap pun otomatis jadi ngiler. Oleh karenanya, selalu sempatkan waktu untuk singgah di kedai-kedai di atas jika bertandang ke Kota Pahlawan!