Sudah bukan rahasia lagi kalau wilayah Pantai Selatan senantiasa identik dengan deburan ombaknya yang besar. Oleh sebab itu, dibutuhkan jalur penghubung yang nyaman dan bisa disesuaikan dengan sisi letak Pantai Selatan.

Tak tanggung-tangung, sejauh ini sudah ada setidaknya tiga jembatan yang melewati jalur Pantai Selatan ini. Selain berguna sebagai pemercepat jarak tempuh perjalanan, jembatan-jembatan ini juga punya model arsitektur yang indah lho. Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan dan informasinya.

1. Jembatan Soge

Pantai Selatan - Jembatan Soge via instagram.com/ayuanni

Jembatan Soge merupakan salah satu landmark kebanggaan warga Pacitan. Sesuai namanya, jembatan ini berada tak jauh dari Pantai Soge dan semakin menambah semarak perjalanan di jalur pantai selatan. Mereka yang berniat mengunjungi Jogjakarta, Solo, atau Semarang, dari Malang maupun Kediri biasanya melewati Soge.

Dari sisi bentuk, Jembatan Soge terlihat indah dan gagah. Panorama pantai, kawasan hijau, dan pantai di sekitarnya sungguh memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini kerap dimanfaatkan warga lokal untuk berfoto-foto. Sejumlah anak muda juga sering menghabiskan waktu sembari bercengkrama di sekitar Soge.

2. Jembatan Damas

Pantai Selatan - Jembatan Damas via instagram.com/kirana_125

Jika kamu melintas di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, kemungkinan besar akan melewati Jembatan Damas. Jembatan ini punya arsitektur unik dan terlihat cukup mencolok dibandingkan lingkungan sekitarnya. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya jembatan Cengkrong, karena letaknya memang berdekatan dengan pantai bernama sama.

Menurut sejumlah sumber, Jembatan Damas baru selesai dibangun pada 2012 silam. Keberadaan fasilitas publik di pantai Selatan ini semakin memudahkan akses kendaraan antara Tulungagung dan Trenggalek. Bentuknya cantik, banyak orang kerap sengaja menepi hanya demi mengabadikan keindahannya. Muda-muda sekitar juga sering menjadikan jembatan ini tempat berkumpul.

3. Jembatan Grindulu

Pantai Selatan - Jembatan Grindulu via instagram.com/tri.junaedi.sabri

Sama seperti Soge, Jembatan Grindulu juga terletak di kawasan Pacitan. Infrastruktur yang menghubungkan wilayah Ploso dan Sirnoboyo ini konon dibangun hingga menelan dana sekitar 211 miliar rupiah. Baru rampung pada Desember 2017, Grindulu memiliki panjang mencapai 750 meter.

Tak hanya memudahkan akses di jalur pantai selatan, keberadaan Jembatan Grindulu diperkirakan juga bakal menambah geliat pariwisata sekitar Pacitan. Destinasi yang letaknya cukup dekat dengan jembatan ini antara lain Pantai Selatan seperti Pantai Soge dan Goa Gong.