Pernah mendengar lagu yang berjudul ‘Jembatan Merah’? Lagu yang namanya diambil dari salah satu jembatan di wisata Surabaya ini sampai menjadi salah satu lagu khas Kota Pahlawan, lho. Ia pun kerap juga diputar di Jembatan Suramadu pada malam hari ketika pertunjukan Air Mancur Menari berlangsung.

Nah, memangnya ada di mana sih lokasi si Jembatan Merah ini? Lantas, apa pula yang membuatnya begitu spesial di hati para wisatawan dan masyarakat Surabaya? Berikut dibeberkan kisahnya khusus buat kamu, nih.

Jadi Saksi Bisu Sejarah Besar Kota Pahlawan

Wisata Surabaya - Jembatan Merah via travel.tribunnews.com

Wisata Surabaya ini memang sekarang menjadi destinasi wisata untuk berfoto dan ber-selfie para wisatawan. Bahkan, tak terkecuali juga dengan para warga lokal Surabaya. Warna jembatan yang merah terang memang langsung menarik perhatian siapa pun yang melewatinya. Namun, tahukah kamu kalau Jembatan Merah punya kisah masa lalu yang menarik untuk diulik?

Ya, ternyata Jembatan Merah dulunya adalah lokasi bersejarah di masa penjajahan. Tempat inilah yang menjadi lokasi pertempuran arek-arek Suroboyo dalam melawan para pasukan penjajah Inggris.

Ia pun menjadi saksi bisu bagaimana para pahlawan dan masyarakat Surabaya membuat Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby bertekuk lutut. Sehingga akhirnya, pasukan penjajah inggris menyatakan mundur dari tanahnya para Bonek tersebut.

Fisik Jembatan yang Masih Kokoh

Nah, meski sudah lama dibangun, Jembatan Merah ini masih kokoh berdiri sampai menjadi salah satu ikon Kota Surabaya. Ia bahkan layak juga lho dicanangkan sebagai sebuah momumen sejarah.

Sebagai wujud kepedulian warga Surabaya terhadap bangunan peninggalan pra-kemerdekaan, Jembatan Merah ini masih dirawat dengan baik hingga sekarang. Cat jembatan pun masih diperbarui selama beberapa waktu sekali.

Lokasi yang Dekat dengan Pertokoan

Wisata Surabaya - Jembatan Merah via instagram.com/arinanurfianti

Kebetulan lokasi dari Jembatan Merah memang berdekatan dengan kawasan perdagangan. Lebih tepatnya di Jalan Kembang Jepun No. 192, Kelurahan Pabean Cantian, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Alhasil, setelah menikmati pemandangan jembatan dan puas berfoto di sana, kamu bisa meluangkan waktu untuk belanja murah di sentra perbelanjaan sekitar. Lumayan kan demi membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang?

Bagaimana? Sudah memasukkan Jembatan Merah ke daftar wisata Surabaya wajib kunjung milikmu? Ditunggu kedatanganmu di wisata bersejarah yang satu ini ya!