Bandung merupakan pusat dari kuliner mulai dari kuliner nusantara hingga internasional. Berwisata kuliner saat ini menjadi agenda wajib saat berlibur atau mengunjungi kota-kota tertentu, seperti halnya kota Bandung. Nah, kapan lagi nih bisa merasakan kuliner khas kalau bukan di kotanya sendiri. Lebih tepatnya, kini kamu bisa mencicipi aneka jajanan kuliner Bandung di kotanya berikut ini.

1.    Lotek Macan

Kuliner Bandung - Lotek Macan via instagram.com/@yummiyellow

Diberikan nama Lotek Macan karena berada di Jalan Macan. Lotek memang merupakan makanan yang terdiri dari sayuran, tomat, tempe dan tahu yang dipotong-potong kemudian diguyur dengan saos kacang. Karena semua bahannya dari alam, hidangan ini kaya akan serat dan baik untuk kesehatan.

Rasanya pun segar dan lezat. Alhasil, tak heran jika Ia tidak hanya digemari oleh warga lokal saja namun bahkan oleh wisatawan internasional. Lotek Macan sudah ada sejak tahun 1956 di Jalan Kalipahapo, namun pada tahun 1970-an, Lotek tersebut pindah ke Jalan Macan.

2.    Seblak Bandung

Kuliner Bandung - Seblak Sultan via travelingyuk.com

Siapa yang tidak tahu seblak? Makanan yang sempat viral itu ternyata berasal dari Bandung dan menjadi makanan khas Jawa, lho. Makanan ini mulai terkenal ketika beberapa vlogger youtube mulai mengadakan challenge untuk menyantap seblak degan level kepedasan yang tinggi.

Seblak dulunya tidak memiliki isi yang sebanyak itu, namun kini sudah divariasikan dan dikombinasikan dengan bahan lain. Kamu bisa menikmati sepiring seblak dengan isi ceker, sosis, jamur, bakso, sayap, kikil dan aneka isi lainnya. Seblak paling enak dimakan saat cuaca dingin, oleh karena itu di Bandung makanan ini sangat laris sekali. Yang paling hits, kamu bisa mencoba seblak jeletet murni.

3.    Cimol

Kuliner Bandung - Cimol via instagram.com/@dhikanov

Cimol termasuk cemilan khas jawa yang berada di Bandung. Awalnya cimol ini merupakan jajanan anak sekolahan. Namun,  seiring dengan bertambahnya peminat Cimol, kini sudah banyak olahan cimol yang beraneka rasa. Cimol berbentuk bulat-bulat dan terbuat dari tepung kanji tersebut. Biasanya dinikmati setelah di goreng dadakan dan diberi saos atau taburan bubuk cabe.

Sebenarnya masih banyak lagi jajanan kuliner Bandung seperti yang lainnya. Namun, ketiga jajanan di atas adalah yang paling hits saat ini nih. Nah, jajanan mana yang akan kamu coba duluan?