Pernah bermimpi untuk mencicipi deretan menu kuliner Jogja ala bangsawan? Wah, kamu tentunya ingin tahu ya apakah menu bangsawan Jogja di masa lampau memang punya kelezatan tiada tara? Lantas, apakah semua bahan yang digunakan juga bahan-bahan kelas atas? Nah, semua pertanyaan kamu nantinya akan segera terjawab jika kamu makan di Gadri Resto Jogja. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan beragam pilihan menu ala Keraton asli yang mantap jiwa.

Dikelola Istri Adik Sultan Hamengkubuwono X

Kuliner Jogja - Gadri Resto via instagram.com/arikpram

Yang mengatur menu hingga interior bangunan di resto ini adalah GBPH Joyokusumo, yang mana merupakan istri dari adik Sultan Hamengkubuwono X. Lokasi resto ini pun disinyalir tak jauh dari lokasi kediaman GBPH Joyokusumo.

Maka sebab itu, gaya arsitektur bangunan dan interior resto disesuaikan mirip dengan kediaman beliau alias kental dengan nilai budaya Jawa-Jogja. Tak hanya itu, di dalam resto juga sedikit banyak terdapat barang-barang antik kuno yang akan memanjakan mata.

Kuliner Jogja - Gadri Resto via instagram.com/sashylittlekitchen

Di Gadri Resto, menu yang disediakan rata-rata adalah menu kuliner Jogja kesayangan para sultan Kasultanan Ngayogjakarta Hadiningrat. Kuliner tersebut antara lain Nasi Blawong dan Soes Songgo Buwono.

Untuk Nasi Blawong, dahulu Ia hanya disajikan pada saat upacara atau ritual adat saja. Pasalnya, Ia dipercaya melambangkan pembawa keselamatan. Hidangannya pun terdiri atas nasi, ayam baem, daging bumbu kecap, dan telur pindang.

Sedangkan untuk Soes Songgo Buwono, Ia menjadi menu favorit Sultan Hamengku Buwono VII. Diberi sebutan Songgo Buwono yang berarti penyangga dunia, hidangan ini diharapkan menjadi simbol filsafat kehidupan. Penataan bahan-bahannya pun dikiaskan sebagai bumi, manusia, gunung, dan langit lho.  

Ada Fasilitas Belajar Membatik

Yang tak kalah menarik, pengunjung Gadri Resto juga bisa menyaksikan pembuatan batik di area pojok kanan restoran. Kamu pun bisa juga belajar membatik di sana sembari didampingi oleh para ahlinya. Selain ada fasilitas belajar membatik, Gadri Resto juga menawarkan paket VIP bagi tamu yang ingin merasakan sensasi bersantap menu favorit Sultan seraya disuguhi pertunjukan tarian tradisional.

Alhasil, itulah ulasan mengenai Gadri Resto yang mengangkat tema kuliner Jogja ala ningrat. Nah, kapan lagi nih kamu merasakan sensasi jadi bangsawan sehari seperti ini? Makanya, yuk segera datang ke lokasi resto-nya di Jalan Rotowijayan, Jogja sekarang!