Memang sih, lagu chord Pantai Klayar yang adalah karya lagu chord Didi Kempot menyiratkan kenangan menyakitkan milik sepasang kekasih di Pantai Klayar. Namun begitu, ini tak berarti Pantai Klayar sepenuhnya memiliki imej membawa ketidakberuntungan atau identik dengan kenangan yang buruk. Alih-alih begitu, dewasa ini Pantai Klayar menjadi panggon wisata idola nomor satu di Pacitan. Mau tahu kenapa? Simak penjelasannya di bawah ini!

Sudah Jauh Lebih Baik

Chord Pantai Klayar - Pantai Klayar via travelingyuk.com

Mendengar lagu chord Pantai Klayar seakan membuatmu enggan bersambang ke Pantai Klayar itu sendiri. Kemungkinan, hal tersebut bisa saja disebabkan kamu teringat kekasihmu juga. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan imej menyedihkan tersebut, mari ajak pasanganmu menyambangi salah satu pantai terindah Pacitan ini.

Pantai Klayar secara administratif terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, berjarak 40 km dari pusat kota ke arah barat. Jika dari kota Pacitan sebagian besar jalan menuju ke pantai ini sudah mulus.

Dahulu, jalan saat memasuki kawasan Donorojo hingga ke pantai masih dalam proses pelebaran sehingga banyak jalan berlubang dan sempit. Tapi kini, akses menuju ke sana sudah jauh lebih mudah karena proses pelebaran tersebut sudah rampung.

Masuk Area Geopark Pacitan

Chord Pantai Klayar - Pantai Klayar via travelingyuk.com

Pantai Klayar menjadi salah satu pantai yang dikembangkan secara serius oleh pemerintah daerah. Antusiasme wisatawan untuk datang ke sana dapat dilihat dari jumlah kunjungan di akhir pekan dan hari libur yang membludak bahkan hingga menyebabkan kemacetan.

Terang saja pantai berpasir putih ini memiliki topografi yang unik dengan hadirnya batu karang berbentuk Spinx dan juga adanya fenomena Seruling Samudera. Dalam Geoarea Pacitan terdapat 13 situs geopark dan pantai Klayar menjadi salah satu situs penting di kabupaten ini. Sebab pantai ini memiliki karakteristik yang unik dibanding situs-situs pantai lainnya.

Tebing-tebing karang yang ada di pantai ini bukan murni terbentuk dari batuan karst atau batu kapur melainkan batu pasir hasil dari erupsi gunung api purba. Hal ini bisa dilihat dari struktur tebing yang berlapis dan juga ditemukannya pasir besi di sisi timur.

Nah, bagaimana? Ternyata, pantai kebanggaan Pacitan ini tak menyedihkan seperti di lagu chord Pantai Klayar Didi Kempot kan? Maka dari itu, kapan nih kamu segera jadwalkan waktu untuk melipir kemari?