Lagu chord Pantai Klayar merupakan sebuah lagu terkenal chord Didi Kempot dengan lirik yang menyayat hati. Diceritakan pada lagu tersebut bahwa, sepasang kekasih mengikat janji di Pantai Klayar agar mereka selalu bersama. Namun sayang, ternyata salah satu dari mereka lebih memilih bersama yang lain.

Nah, agar nasib liburanmu juga tak na’as seperti itu kala pelesir ke Pantai Klayar, maka ikuti dulu tips yang berikut ini. Dengan begini, liburanmu di Pantai Klayar dijamin tak akan sesedih lagu Didi Kempot tadi.

1. Anti Singgah di Hari Libur

Chord Pantai Klayar - Pantai Klayar via instagram.com/fathan_drone

Sudah menjadi hal yang lumrah di setiap obyek wisata terkenal selalu ramai dikunjungi wisatawan. Begitu pula dengan Pantai Klayar yang cukup fenomenal di Pacitan dengan Batu Spinx dan Seruling Samuderanya. Pantai ini akan dibanjiri oleh lautan manusia di akhir pekan dan juga libur-libur nasional. Tentu tidak nyaman dong berkunjung ke tempat wisata yang terlalu ramai?

2. Selalu Papan Rambu Keselamatan yang Ada

Klayar adalah sebuah pantai yang berbentuk teluk. Kondisi seperti ini sangat berbahaya jika sewaktu-waktu terjadi bencana tsunami karena ombak yang menerjang akan memiliki energi yang lebih besar.

Oleh sebab itu di beberapa titik pantai diberi petunjuk arah menyelamatkan diri jika bencana tersebut terjadi. Perhatikan tanda tersebut sehingga kamu tahu apa yang harus dilakukan jika hal buruk terjadi.

Selain itu pula, pemandu field trip yang juga dosen geologi UGM memberikan penjelasan mengenai keselamatan yang menyangkut dengan posisi parkir kendaraan. Posisi parkir kendaraan yang menghadap ke pantai dan membelakangi jalan itu adalah sebuah kesalahan.

Sebaiknya kamu memarkir kendaraan dalam posisi standby menghadap ke jalan dan membelakangi pantai. Ini sebagai langkah antisipasi jika hal buruk terjadi seperti air laut yang meluap kamu bisa cepat untuk mengendarai kendaraan menjauhi pantai. Sehingga, kamu jangan hanya hafal pada lagu chord Pantai Klayar saja tapi juga ingat-ingat peraturan keselamatan yang satu ini!

3. Hati-Hati Kala Bermain Air

Chord Pantai Klayar - Pantai Klayar via travelingyuk.com

Pantai Klayar terbagi menjadi dua teluk yang terpisah oleh tebing karang. Pertama, yaitu teluk utama yang berukuran besar yang bisa kamu jumpai saat masuk ke kawasan parkir pantai. Teluk yang kedua ukurannya lebih kecil, berada di sisi timur dengan cekungan yang dalam.

Umumnya pantai ini memang memiliki ombak yang besar layaknya pantai selatan Jawa yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Oleh karenanya, bermain air atau bahkan berenang bukanlah aktivitas yang direkomendasikan disana apalagi sampai ke tengah.

Sebelum kamu siap memainkan chord Pantai Klayar dan menyanyikan lirik lagunya di pantai tersebut, pastikan kamu sudah mengikuti tips-tips di atas ya. Dengan begini, kamu bisa liburan di Pantai Klayar dengan aman seraya bernyanyi lagu Didi Kempot tersebut dengan merdu~