Seperti wisatanya, jajaran kuliner Jogja juga punya pesona dan daya tarik yang tak kalah memikat. Tak hanya berkat cita rasa makanannya yang enak dan menggoyang lidah, deretan resto dan café di Kota Gudeg faktanya juga banyak yang bangunannya bernilai seni tinggi.

Seperti halnya pada ketiga café dan resto paling artsy di Jogja ini. Ia menyedot perhatian banyak pengunjung dikarenakan keindahan interior dan eksteriornya yang bikin jatuh hati. Penasaran di mana saja? Yuk ulik bersama informasinya di bawah ini.

Kuliner Jogja - Awor Gallery & Coffee via instagram.com/wisatangopi

Nongkrong di Awor Gallery & Coffee, kamu serasa berada di sebuah pameran seni fotografi. Bagaimana tidak, café yang terletak di kawasan Jalan C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yap Square 11 B ini memang menampilkan hasil jepretan para fotografer professional di dinding dalam café mereka. Café ini pun kerap menghelat event yang berhubungan dengan pameran seni.

Buka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 00.00 malam, kamu wajib setidaknya nongkrong sekali di sini. Sambil mengagumi ornamen dan hasil foto-foto yang dipajang, silahkan memesan aneka kopi seperti Americano dan Red Velvet. Jangan lupa pesan makanan pendampingnya seperti waffle hingga pancake yang dibanderol mulai Rp5.000,- saja.

2. Via Via Jogja

Kuliner Jogja - Via Via Jogja via instagram.com/travelokaeats

Kuliner Jogja berikut memamerkan desain interior resto dengan gaya seni kontemporer. Para seniman lokal pun tak jarang menyumbangkan karya mereka guna dipajang di sini. Nongkrong di Via Via Jogja lantas membuatmu merasa bak seorang pengagum seni sejati.

Terlebih lagi, menu-menu di sini terkenal tidak menggunakan MSG dan memakai bahan-bahan yang organik. Padahal, harga yang ditawarkan hanya dimulai dari kisaran Rp25.000,- per porsinya.

Adapun menu andalan yang harus kamu pesan adalah aneka hidangan nusantara seperti rending daging, ayam betutu, hingga ikan acar kuning. Sudah ngiler dan penasaran ingin bersantap kemari? Silahkan kunjungi lokasi restonya di Jalan Prawirotaman No. 30, Brontokusuman, Jogja.

3. Lotus Mio

Kuliner Jogja - Lotus Mio via instagram.com/meika_ika

Beralamat di Jalan Tirtodipuran No. 10, Mattrijeron, Jogja, café ini menyediakan beraneka menu Indonesia dan western yang dimulai dari harga Rp10.000,- saja. Yang paling favorit dipesan di sini kabarnya adalah hidangan potato wedges, apple pie, choco lava cake, hingga gelato.

Perkara desain interior café, matamu pun akan dimanjakan dengan atmosfirnya yang didominasi aneka ornamen seni berwarna cokelat. Keren, kan?

Nah, itu tadi segenap café dan resto paling artsy yang dekat di hati pecinta seni sekaligus penikmat kuliner Jogja. Semoga kamu bisa segera meluncur ke salah satu tempat makan di atas, ya!