Di tahun 2016 lalu, wisata Surabaya sempat geger karena Rumah Radio Bung Tomo akhirnya dimusnahkan. Bangunan bersejarah yang terletak di Jalan Mawar No. 10-12, Surabaya ini tak luput menjadi korban kepentingan bisnis yang ada di Kota Pahlawan. Namun, beruntung pada tahun 2017, rumah tersebut akhirnya dibangun kembali.

Proyek ini terlaksana lantaran banyak yang tidak setuju kalau Rumah Radio Bung Tomo dimusnahkan begitu saja. Terutama dari pihak masyarakat Surabaya yang tak rela bila cagar budaya tersebut diluluh lantahkan.

Saksi Sejarah Peristiwa 10 November

Wisata Surabaya - Rumah Radio Bung Tomo via liputan6.com

Rumah Radio Bung Tomo menjadi saksi bisu perjuangan Bung Tomo dan arek-arek Suroboyo dalam menumpas penjajah. Lebih spesifiknya, rumah ini menjadi tepat Bung Tomo mengumandangkan pidatonya lewat radio ke seantero kota.

Pada tanggal 10 November 1945, Ia berpesan agar para pemuda Surabaya tidak menyerah dalam melawan pasukan sekutu. Pidato inilah yang akhirnya menyulut semangat para pemuda Kota Pahlawan untuk senantiasa bersatu mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dirobohkan Guna Menjadi Lahan Parkir

Wisata Surabaya - Rumah Radio Bung Tomo via kompas.com

Mirinya, meski sudah diresmikan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) pada tahun 1998, objek wisata Surabaya ini masih belum terhindar dari risiko perobohan. Oleh pemiliknya, Rumah Radio Bung Tomo memang dibagi menjadi tiga bagian, yang mana kemudian satu bagiannya dibeli oleh pihak swasta. Bagian inilah yang dirobohkan guna dijadikan lahan parkir pusat perbelanjaan.

Proses Pembangunan Ulang yang Tak Mudah

Pembangunan ulang Rumah Radio Bung Tomo ini sempat menuai pro dan kontra. Beberapa orang sempat melemparkan protes mereka soal arsitektur bangunan yang tak lagi sama dengan aslinya.

Desain Rumah Bung Tomo yang sekarang pun disebut tak lagi orisinil. Namun, setelah beberapa waktu, akhirnya rumah ini tetap menempuh proses pembangunan dan statusnya sebagai cagar budaya akan senantiasa dipertahankan.

Rumah Radio Bung Tomo ditargetkan akan rampung dalam estimasi waktu pembangunan tiga tahun. Dengan begini, diperkirakan Rumah Radio Bung Tomo akan selesai dibangun pada tahun 2020.

Mari mendoakan supaya proses pembangunan objek wisata Surabaya ini berjalan lancar, ya! Apalagi, rumah ini merupakan pengingat jasa Bung Tomo dan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah. Sehingga, sudah seharusnya cagar budaya ini dilestarikan hingga ke generasi-generasi yang selanjutnya.