Berbeda dengan kuliner Jawa Tengah yang cenderung manis, makanan khas Jawa Timur pada umumnya diwarnai dengan citarasa yang cukup asin. Hal ini pun bisa dijumpai pada berbagai makanan khas Surabaya.

Seperti yang hendak dibahas pada ulasan kali ini yaitu kuliner Warung Bebek Purnama. Bebek Purnama kendati sedikit asin tapi tidak akan menohok di lidah. Justru, Ia akan memberikan sensasi rasa asin gurih tak tertandingi yang bikin siapapun ingin nambah lagi dan lagi.

Julukan yang Diambil dari Nama Bioskop

Makanan khas Surabaya - Bebek Purnama via instagram/@sam_kuliner 

Arek Suraboyo pasti tak asing lagi dengan Bioskop Purnama. Gedung di Jalan Dinoyo No.4 yang tak lagi beroperasi tersebut menjadi asal mula nama Warung Bebek Purnama.

Hal ini tidak lain bermula dari sebutan pelanggan, serta letak keduanya yang tak jauh. Awalnya, tempat makan ini tepat di seberang bioskop. Namun, kini sudah ada di halamannya.

Kabarnya Tidak Membuka Cabang  

Makanan khas Surabaya namanya mungkin banyak ditemukan di beberapa kota. Namun, Kamu bakal kebingungan ketika melihat tempat makan ini. Yap, ada slogan ‘tak buka cabang’.

Menurut beberapa sumber, warung ini yang buka di tahun 1992 ini dulunya tidak memiliki cabang. Pemiliknya yang bernama Umi Mardiah dan Jasuli juga mengaku tidak pernah membuka cabang. Wah, bagaimana dengan cabang lainnya.

Komplit Bertabur Serundeng yang Gurih Nendang

Makanan khas Surabaya - Bebek Purnama via instagram/@amazingindonesiafood

Tidak hanya bebek, ternyata warung makan ini juga menyediakan menu lain yang tak kalah menggoda iman. Ada ayam, jeroan, dan banyak lainnya yang bakal menggoyang lidah. Mau makan di tempat atau dibawa pulang juga bisa. Sementara harganya juga tak bikin kantong kering. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsinya hanya Rp12.000. Murah banget bukan?

Dan seporsi bebek goreng di Surabaya ini sebenarnya tak jauh beda dengan lainnya. Ada nasi, sambal, bebek, dan lalapan. Tak lupa tambahan serundeng yang membuatnya makin istimewa.

Rasa gurih dari bebeknya sang pas diadu dengan serundeng. Belum lagi sambal istimewa dengan level kepedasan pas di lidah. Nah, menu makanan khas Surabaya istimewa ini bisa kamu temukan di jam 4 hingga 11 malam.