Pernahkah terbesit di benak kamu untuk keliling wisata Bandung menggunakan angkot? Bagi sebagian orang, kemungkinan mereka akan ogah mempraktikkan kegiatan tersebut. Alasannya pun macam-macam, bisa jadi karena angkot itu panas hingga tak senyaman ketika bertamasya dengan kendaraan pribadi. Padahal, di Kota Bandung baru saja diusung sebuah inovasi angkot dengan fasilitas berkelas, lho. Mulai bagian eksterior hingga interior angkot pun dirombak habis-habisan secara premium. Kok bisa?

Hasil Program Walikota Bandung Sebelumnya

Nama dari program ini adalah program Angklung, yang mana merupakan singkatan dari Angkutan Kota Keliling Bandung. Ia digagas oleh eks Walikota Bandung, Ridwan Kamil dan diresmikan pada tahun 2017 lalu, nih. Angkutan mewah ini memiliki rute mulai wilayah Cijerah hingga Ciwastra. Rute ini pun dikenal sebagai rute neraka karena akrab dengan kemacetan parah.

Oleh sebab itu, Ridwan ingin agar penumpang angkot Bandung rute tersebut tetap bisa nyaman meski dihadang kemacetan. Caranya adalah dengan memberikan fasilitas premium yang tak akan ditemukan di angkot kota-kota lainnya. Seperti apa kemewahannya? Baca yang di bawah ini.

Fasilitas Angkot yang Tak Pernah Terbayangkan

Wisata Bandung - Angkot Mewah Bandung via instagram.com/humasbdg

Tak tanggung-tanggung, angkot mewah ini punya fasilitas bak sebuah kamar hotel bintang lima. Saking mewahnya, Ia sampai menjadi viral di kalangan warga Bandung hingga seluruh Indonesia. Adapun rentetan fasilitas yang ditawarkan adalah adanya AC, perpus mini, LED TV, charger handphone, alat pemadam kebakaran, tempat sampah, dan kursi sofa yang empuk. Super berkelas, bukan?

Di dalam angkot pun ikut dipasang pewangi ruangan agar angkot terhindar dari bencana bau apek. Dan sampai saat ini, sudah ada setidaknya 1.600 armada angkot mewah yang resmi beroperasi di Kota Kembang tersebut. Kapan nih kamu bakal menjajal naik salah satunya?

Melayani Rute Wisata Bandung

Wisata Bandung - Kampung Tulip Ciwastra via instagram.com/rahayusu

Seakan belum cukup, angkot mewah Angklung ini juga melayani rute wisata ke Kampung Tulip Ciwastra. Kalau kamu berniat bertamasya ke sana, silahkan turun di kawasan terminal akhir pemberhetian angkot. Bau selanjutnya, kamu bisa naik kendaraan atau jalan kaki melalui Jalan Pasir Pogo Raya dan Jalan Margasari. Kira-kira hanya 10 menit saja, kok.

Seru juga ya pelaksanaan program Angklung di wisata Bandung ini? Semoga bisa dijadikan percontohan bagi kota-kota lainnya di seluruh nusantara.