Kamu warga Lumajang patut berbangga karena memiliki wana wisata alam andalan berupa Air terjun Tumpak Sewu. Kendati jalan menuju air terjun Tumpak Sewu Lumajang cukup menantang, tapi para wisatawan pun tidak menganggapnya sebagai kendala yang berarti.

Sama halnya seperti di wilayah Pasuruan, ada banyak destinasi wisata air terjun dengan medan cukup sulit tapi keindahannya dijamin tak tertandingi. Mau tahu di mana saja? Siapkan diri untuk mencatatnya sebagai lokasi liburanmu yang selanjutnya ya!

1. Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Tumpak Sewu - Air Terjun Rambut Moyo via instagram.com/satryokey

Air terjun Rambut Moyo memiliki pemandangan yang memesona. Air yang mengalir terlihat seperti rambut di ketinggian 40 meter ini. Berlokasi di Desa Njeglong, Kerajan, Kecamatan Puspo, Pasuruan, destinasi wisata ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir karena di tempat ini telah disediakan beberapa fasilitas seperti area parkir, mushola, kamar mandi umum, rumah makan, dan lain-lain.

Jika melintas melalui jalur Malang-Surabaya, Kamu bisa berhenti di pertigaan Purwodadi lalu melanjutkan perjalanan ke kecamatan Tutur. Setelah itu terus berkendara selama 45 menit untuk sampai Desa Njeglong dan menempuh perjalanan lagi selama 20 hingga 30 menit untuk sampai ke lokasi.

2. Grojokan Limo

Air Terjun Tumpak Sewu - Grojokan Limo via instagram.com/dedy_kurniawan_123

Selanjutnya ada air terjun Grojokan Limo yang merupakan primadona Pasuruan dan terletak di Dusun Krikilan, Desa Ngembe, Kecamatan Beji. Sempat viral seperti Air Terjun Tumpak Sewu beberapa bulan lalu, nama Grojokan Limo diambil karena sesuai dengan jejeran air yang mengalir

Air terjun ini memiliki ketinggian yang lebih rendah jika dibandingkan dengan yang lain. Masih belum dikenakan biaya masuk dan belum terdapat fasilitas lengkap, untuk menuju ke sini pengunjung harus berjalan kaki selama 700 meter terlebih dahulu. Namun bagi Kamu yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 untuk biaya parkir.

3. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Tumpak Sewu - Air Terjun Gumandar via instagram.com/fandycurtizs

Suasana asri sangat terasa ketika berada di Air Terjun Gumandar yang terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Air terjun Gumandar ini bisa terbilang unik karena tidak memiliki sungai untuk menampung aliran air karena langsung terserap oleh tanah.

Seperti ketika hendak ke Air terjun Tumpak Sewu, waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah ketika mendekati musim hujan karena alirannya cukup deras. Untuk menuju ketempat ini membutuhkan tenaga dan waktu yang esktra karena medannya berat. Jika ingin perjalanan lebih aman, Kamu bisa menggunakan Jeep karena lumayan jauh jika hanya dilalui dengan berjalan kaki.