Pada 23 Oktober 2018 lalu, baru saja dihelat sebuah gelaran malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Acara ini merupakan salah satu acara penghargaan pariwisata tertinggi di wilayah Provinsi Jawa Timur. Setidaknya, sembilan destinasi wisata Jawa Timur pilihan masuk ke nominasi penghargaan lewat tiga jenis kategori.

Di antara wana wisata yang mencatatkan namanya ke dalam nominasi adalah Air terjun Tumpak Sewu Lumajang alias Tumpak Sewu waterfalls hingga Wisata Edukasi Kopi dan Kakao di Puslitkoka Jember. Kamu tentunya penasaran kan tempat wisata mana saja yang dianugerahkan peringkat top three wisata Jawa Timur pilihan? Oleh sebab itu, langsung saja yuk ikuti uraian selengkapnya yang berikut ini!

1. Air terjun Tumpak Sewu, Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu - Air Terjun Tumpak Sewu via shutterstock

Ini dia Terbaik I untuk kategori Daya Tarik Wisata Alam pada penyelenggaraan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018; Air Terjun Tumpak Sewu. Kemegahan air terjun ini membuatnya disandingkan dengan keindahan Niagara Falls yang berada di antara negara bagian Amerika Serikat dan Kanada.

Berbeda dari kebanyakan air terjun di Indonesia, karakter batuan tebing di Tumpak Sewu melebar dan sedikit melengkung. Meski aliran airnya tidak terlalu deras, ia mengalir dengan rata di batuan tebing. Alirannya melebar dengan cantik, mengikuti tebing yang dilaluinya. Kamu yang penasaran mengunjungi air terjun ini bisa mengambil rute dari Malang atau Lumajang.

2. Wisata Gunung Kelud, Kediri

Air Terjun Tumpak Sewu - Gunung Kelud via shutterstock

Setelah air terjun Tumpak Sewu, masih ada Gunung Kelud Kediri yang ikut masuk sebagai pemenang. Sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, destinasi wisata alam ini suguhkan pemandangan kawah yang luar biasa dari atas puncaknya. Selain kawah, Kamu juga bisa merasakan tenangnya berendam air hangat di kawasan tersebut. Menyenangkan! Pas sekali untuk liburan!

3. Watu Rumpuk, Madiun

Air Terjun Tumpak Sewu - Watu Rumpuk via Instagram/ agungdwijatmiko15

Kabupaten Madiun menyumbang satu nama pada penyelenggaraan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Watu Rumpuk mendapat penghargaan sebagai Terbaik III kategori Wisata Alam. Di sini, Kamu akan merasakan sejuknya hawa pegunungan sembari menikmati pemandangan dari gardu pandang di ketinggian. Menikmatinya bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan.