Kapan nih kamu sempatkan waktu untuk melipir ke aneka wisata alam unggulan Lumajang? Pastinya, saat ke Lumajang, kamu langsung berkunjung ke daerah Air terjun Tumpak Sewu saja ya.

Walau mitos air terjun Tumpak Sewu dan panorama yang dimilikinya menjadi daya tarik wisata tersendiri, akan tetapi kamu juga harus tahu beberapa air terjun terbaik Lumajang berikut ini. Dengan begini, wisata air terjun kamu di Lumajang menjadi lebih seru dan memberikan nilai petualangan yang nikmat!

1. Coban Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu - Coban Sewu via travelingyuk.com

Wisata alam yang terletak di aliran Sungai Gidih, Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Lumajang ini sering disebut juga Grojokan Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu.

Sekilas tampak seperti Coban Pitu yang ada di Kota Malang karena sama-sama memiliki aliran yang berjejer meski Coban Sewu memiliki jumlah sumber yang lebih banyak. Hal itu juga yang menyebabkan wisata ini diberi nama ‘sewu’ yang artinya seribu. Pemandangan indah dan berbeda dari air terjun pada umumnya bisa kamu dapatkan disini.

Coban Sewu dapat dijangkau dengan melalui jalur Kota Malang yang memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Rutenya yaitu Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter sebelum lokasi.

Jika ingin berkunjung ke air terjun ini sebaiknya melihat situasi dan kondisi, karena medannya terbilang cukup sulit dan agak berbahaya jika cuaca sedang tidak bersahabat.

2. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Tumpak Sewu - Air Terjun Kabut Pelangi via travelingyuk.com

Warga sekitar sering menyebutnya Coban atau Antrukan Kabut Pelangi. Diberi nama seperti ini karena di lokasi air terjun sering dijumpai pelangi yang merupakan hasil pembiasan air dan cahaya matahari. Terletak di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berada di kaki Gunung Semeru dengan ketinggian 1229 mdpl membuat udara di wisata alam yang satu ini selalu terasa sejuk. Bagaimana? Tidak kalah kan dari wisata Air terjun Tumpak Sewu?

3. Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Tumpak Sewu - Air Terjun Goa Tetes via travelingyuk.com

Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, tidak jauh dari lokasi Coban Sewu berada atau sekitar 55 kilometer sebelah selatan Kota Lumajang. Sesuai dengan namanya, wisata alam ini merupakan perpaduan dari air terjun dan goa.

Hal unik yang dapat kamu temukan di sini antara lain stalagtit dan stalagmit beraneka warna yang berada di dalam goa serta puluhan air terjun yang mengalir dari sumber tersembunyi di balik bebatuan. Bakal mantap nih untuk disambangi setelah main dari Air Terjun Tumpak Sewu!